Ivan Toplak, Legenda Yugoslavia dan Eks Arsitek Timnas Indonesia Tutup Usia

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 27 Juli 2021
Ivan Toplak, Legenda Yugoslavia dan Eks Arsitek Timnas Indonesia Tutup Usia
Ivan Toplak. (newsbeezer)

BolaSkor.com - Legenda sepak bola Yugoslavia yang pernah mengarsiteki Timnas Indonesia, Ivan Toplak meninggal dunia. Berpulangnya sosok kelahiran Belgrade itu seperti dilaporkan Vecer pada Senin (26/7).

"Ivan Toplak, seorang legenda sepak bola Yugoslavia dan Slovenia meninggal," tulis Vecer yang juga menjelaskan bahwa Ivan Toplak meninggal di Maribor pada usia 90 tahun.

Ivan Toplak sempat dikenal sebagai striker hebat Yugoslavia. Ia merasakan empat gelar juara bersama Crvena Zvezda atau Red Star Belgrade.

Kariernya dimulai dengan memperkuat Olimpija Ljubljana mulai 1951, setelah lima tahun berbaju Barnik Maribor.

Baca Juga:

Persebaya Sebut Sepakat dengan PSSI Bawa Koko Ari ke Meja Operasi

Shin Tae-yong Menunggu Vaksinasi Kedua Sebelum ke Indonesia

Ia ke Red Star Belgrade pada 1954. Ivan Toplak mencatatkan 210 pertandingan dengan 144 gol untuk tim Merah-Putih selama tujuh tahun.

Di Zvezda atau Red Star Belgrade juga ia memulai karier kepelatihannya, sebelum menangani Universitas Stanford. Ivan Toplak kemudian menjadi pelatih Timnas Yugoslavia, dari usia muda, tim Olimpiade, bahkan Timnas Senior pada 1976 dan 1977.

Ivan Toplak membawa Yugoslavia meraih medali perunggu di Olimpiade Los Angeles 1984. Pencapaian ini pula yang membuatnya didatangkan untuk menangani Timnas Indonesia jelang SEA Games 1993 setelah pecahnya Yugoslavia.

Diharapkan membawa Indonesia melanjutkan prestasi di SEA Games 1991, Ivan Toplak gagal. Indonesia hanya menyandang predikat peringkat keempat setelah kalah 0-1 dari Thailand di semifinal dan 1-3 dari Singapura di partai perebutan tempat ketiga.

Timnas Indonesia
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan