Ivar Jenner dan Rafael Struick Akan Ambil Sumpah Jadi WNI Usai Idul Fitri

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 17 April 2023
Ivar Jenner dan Rafael Struick Akan Ambil Sumpah Jadi WNI Usai Idul Fitri
Calon pemain Timnas Indonesia U-20, Ivar Jenner, bergabung dalam pemusatan latihan atau TC di Turki. (PSSI)

BolaSkor.com - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, mengatakan kemungkinan dua calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Ivar Jenner dan Rafael Struick akan mengambil sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), usai Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Sebelumnya, Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner merupakan pemain keturunan yang direkomendasikan pelatih Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi, guna membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023. Namun, ajang tersebut batal terselenggara di Indonesia.

Kemudian, PSSI mempertegas komitmen keduanya setelah proses naturalisasi mereka disetujui Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) dari Komisi III dan Komisi X.

Hasilnya, hanya Justin Hubner yang batal dinaturalisasi. Pemain Wolverhampton Wanderes U-21 itu punya permintaan yang tidak bisa dipenuhi PSSI.

Baca Juga:

Justin Hubner Batal, Naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick Lanjut

Marselino, Arhan sampai Witan Akan Gabung, Ecxo PSSI Yakin Timnas Indonesia U-22 Makin Kuat

Dengan batalnya Justin Hubner, maka proses naturalisasi Rafael Struick dan Ivar Jenner memasuki tahap persetujuan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melalui keputusan Presiden (Keppres).

"Kami sudah bersurat ke Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga). Nanti, kemenpora akan bersurat ke Kemensetneg (Kementerian Sekretariat Negara) untuk memproses Jenner dan Struick agar diurus administrasi dan disumpah," ujar Arya di Kantor PSSI, GBK Arena, Jakarta Pusat, Senin (17/4).

"Kami harus membuat surat pemberitahuan lagi sebab awalnya kan tiga pemain, tapi satu pemain tidak jadi," lanjutnya.

Setelah Keppres keluar, ketiganya baru bisa dilantik oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI. Lalu, ketiganya harus berpindah federasi, baru bisa membela Timnas Indonesia.

"Kemungkinan dilantik setelah Lebaran," tambah Arya.

Arya Sinulingga Pssi Ivar Jenner Rafael Struick Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan