Iwan Budianto Masuk Daftar Bakal Calon Waketum PSSI padahal Nyatakan Tak Maju Lagi, KP Beri Penjelasan

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 17 Januari 2023
Iwan Budianto Masuk Daftar Bakal Calon Waketum PSSI padahal Nyatakan Tak Maju Lagi, KP Beri Penjelasan
Komite Pemilihan PSSI mengumumkan daftar bakal calon pengurus PSSI 2023-2027. (PSSI)

BolaSkor.com - Komite Pemilihan (KP) PSSI menjelaskan sejumlah nama yang masuk daftar bakal calon pengurus PSSI periode 2023-2027 meski sudah menyatakan tidak akan ikut kontestasi dalam Kongres Luar Biasa (KLB) 16 Februari mendatang.

Salah satu contohnya adalah Wakil Ketua Umum PSSI 2019-2023, Iwan Budianto. Bos Arema FC itu masuk daftar bakal calon Wakil Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 yang dirilis oleh Komite Pemilihan pada Senin (16/1).

Padahal sebelumnya Iwan Budianto sudah menyatakan tidak akan maju dan tidak bersedia dicalonkan dalam Kongres Luar Biasa (KLB) 2023. Ini disampaikan Iwan sebelum Kongres Biasa PSSI 2023 digelar pada Minggu (15/1).

"Ini adalah nama-nama yang didasarkan atas usulan dan atau kesediaan. Sangat mungkin nama yang diusulkan, tapi tidak bersedia. Sangat mungkin mencalonkan, tapi tidak ada dukungan. Jadi ini nama-nama yang mentah, bersumber dari dua: dari dukungan dan dari kesediaan," kata Ketua KP PSSI, Amir Burhanuddin di GBK Arena.

Baca Juga:

KP Umumkan Daftar Calon Tetap Ketum, Waketum, dan Exco PSSI pada 6 Februari 2023

Daftar Lengkap Bakal Calon Ketum, Waketum, dan Exco PSSI 2023-2027: Erick Thohir, Menpora Amali sampai Raffi Ahmad

Amir menjelaskan, KP akan melakukan verifikasi terhadap nama-nama yang masuk daftar bakal calon Ketum, Waketum dan anggota Exco PSSI. Menurutnya, verifikasi antara kesediaan dicalonkan dan dukungan dari anggota PSSI harus sejalan.

Verifikasi itu akan dilakukan pada 21-30 Januari 2023. Sebelum itu pada 19-21 Januari, para bakal calon atau pengusung dipersilakan untuk melengkapi dokumen yang diserahkan kepada KP saat proses pendaftaran.

"Jadi sangat mungkin nama-nama yang sudah menyatakan 'saya tidak mencalonkan', tapi ada yang mengusulkan. kan itu tetap harus masuk dalam list kami."

"Sama dengan nama-nama kami, memungkinkan kami ini dicalonkan. tetapi, kami pastikan tidak ada lembar konfirmasinya. kapan dicoretnya, nanti saat verifikasi," ucapnya.

Sementara itu, soal namanya yang masuk dalam daftar bakal calon Anggota Exco PSSI 2023-2027, Amir memastikan dirinya tidak akan mendaftar dan tidak bersedia untuk dicalonkan.

"Kalau saya daftar, pasti tidak ditetapkan menjadi KP. Pasti semua anggota KP dan seluruh Komite Banding Pemilihan (KBP) tidak akan mencalonkan. Itu pasti," ucapnya.

Amir juga sebelumnya sudah menyatakan non-aktif sebagai Wakil Ketua Asprov PSSI Jawa Timur dan mundur sementara dari posisi CEO Deltras FC. Hal ini diatur dalam Pasal 64 Ayat 3 Statuta PSSI terkait Komite Pemilihan.

Adapun KP secara resmi mengumumkan daftar bakal calon Ketum, calon Waketum, dan calon anggota Exco PSSI pada Senin (16/1) malam di GBK Arena, Jakarta.

Total ada lima bakal calon Ketum dan 17 bakal calon Waketum. Sedangkan bakal calon anggota Exco mencapai 78 orang.

KLB Pemilihan Komite Eksekutif atau Exco PSSI untuk periode 2023-2027 akan dilaksanakan pada 16 Februari mendatang. Namun, lokasi kongres belum ditentukan.

Pssi KLB PSSI Iwan budianto Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.250

Bagikan