Iwan Bule Akan 'Hajar' Pengurus PSSI bila Terlibat Pengaturan Skor

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 07 November 2021
Iwan Bule Akan 'Hajar' Pengurus PSSI bila Terlibat Pengaturan Skor
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memantau penerapan protokol kesehatan di pertandingan Liga 2 2021. (PSSI)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menegaskan komitmennya dalam memberantas praktik pengaturan skor di sepak bola Indonesia. Bahkan Iriawan mengaku siap bertindak tegas bila ada pengurus PSSI yang terlibat dalam praktik kotor tersebut.

"Kalau teman-teman punya informasi wasit 'bermain', kasih tahu kami, pasti kami tindak. Tidak akan kami tutup-tutupi, termasuk (jika ada) pengurus (PSSI) yang ada (terlibat). Siapa yang ada di kanan-kiri kami, pasti kami hajar," kata Iriawan.

Sementara itu, terkait dugaan kasus pengaturan skor yang melibatkan Perserang Serang, PSSI resmi membawa kasus tersebut ke jalur hukum dengan melapor ke Polda Metro Jaya. Iriawan mengatakan PSSI ingin bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk kepolisian dalam memberantas praktik pengaturan skor di sepak bola Indonesia.

"Pihak kepolisian yang bisa menelusuri adanya (dugaan) suap ini. Tentu kami berharap dengan adanya (pelaporan) ini pihak kepolisian khususnya Polda Metro Jaya bisa menindaklanjuti," tutur Iriawan.

Baca Juga:

PSSI Libatkan Polri untuk Selesaikan Kasus Dugaan Pengaturan Skor Perserang

Rapat Exco Bahas Timnas Indonesia, Juara Piala AFF 2020 Jadi Target

Iriawan menambahkan, PSSI tidak bisa bekerja sendirian dalam menangani kasus pengaturan skor ini. Sebab, PSSI tidak punya alat dan wewenang seperti kepolisian dalam melacak para pelaku match fixing.

"Karena dari keterangan-keterangan yang kami dapat dari komdis (komite disiplin), ada beberapa orang yang menghubungi pemain dengan private number. Kami tidak punya kemampuan ke sana dan tidak ada upaya pasti untuk menanganinya," ujar Iriawan.

Sebelumnya, kasus dugaan pengaturan skor di sepak bola Indonesia kembali mencuat setelah klub Liga 2 2021, Perserang Serang, memecat lima pemain dan satu pelatihnya. Pemecatan itu disebut-sebut berkaitan dengan dugaan pengaturan skor yang melibatkan mereka.

Manajemen Perserang kemudian melaporkan kasus tersebut kepada PSSI. Kemudian, PSSI melalui Komite Disiplin atau Komdis langsung menggelar sidang pada 1-3 November dan memutuskan untuk menghukum lima pemain Perserang dan satu pemain Persic Cilegon dengan sanksi bervariatif, mulai dari larangan beraktivitas di sepak bola Indonesia selama 5 tahun, sampai yang paling ringan adalah setahun.

Pssi Mochamad Iriawan Perserang Serang Match Fixing Liga 2 Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.287

Bagikan