BolaSkor.com - Pelatih Persela Lamongan, Iwan Setiawan merasa tidak nyaman dengan 'bantuan' wasit saat menahan imbang Persebaya 1-1 dalam lanjutan Liga 1 2021/22 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (21/10) malam WIB.

Klub berjuluk Laskar Joko Tingkir tersebut seharusnya tertinggal 2-0 jika wasit Musthofa Umarella mengesahkan gol Jose Wilkson. Tetapi bola yang terlihat telah melewati garis gawang tak disahkan dan permainan terus berjalan.

Naas, serangan balik Persela tersebut lantas berbuah gol penyeimbang. Ivan Carlos membawa bola dari tengah lapangan dan berhasil menjaringkan bola ke gawang Andhika Ramadhani.

Baca Juga:

Hasil Liga 1: Persik Menang, Derbi Jatim Berakhir Imbang

Empat Stadion Bali Diverifikasi sebagai Opsi Seri 3 dan 4 Liga 1

Gol Persela sendiri juga penuh kontroversi mengingat posisi penyerang berkepala plontos tersebut telah berada dalam posisi offside. Tetapi wasit tetap mengabaikan fakta-fakta tersebut.

"Kalau tim saya menang tetapi kita tahu kemenangan itu karena kebijakan wasit yang katakanlah berpihak kepada kita, jujur saja saya tidak nyaman," ungkapnya.

Pelatih asal Medan itu pun menyarankan wasit-wasit yang bertugas di Liga 1 untuk melihat kembali tayangan ulang pertandingan yang mereka pimpin. Menurutnya, hal tersebut jadi salah satu cara efektif untuk dijadikan bahan evaluasi.

"Pertandingan sekarang sudah banyak live. barangkali teman-teman wasit juga bisa melihat lagi rekaman-rekaman dari pertandingan di televisi. Itu akan bisa menjadi acuan didalam evaluasi. Jadi saya berharap kedepannya bisa lebih baik lagi" ujar Iwan.

Dia berharap permasalahan terkait korps baju hitam ini tak berlarut-larut terjadi. Untuk memajukan sepakbola Indonesia tak hanya bisa dilakukan oleh beberapa pihak tertentu saja.

"Dalam hal ini sebenarnya kita semua ingin membangun sepakbola ke depan jadi lebih baik. Saya rasa kita semua perlu introspeksi diri baik itu federasi, kita yang terlibat termasuk saya sebagai pelatih dan juga wasit tentu saja," tandasnya. (Laporan Kontributor Arjuna Pratama)