BolaSkor.com - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dikabarkan bakal mengeluarkan izin terhadap lanjutan Liga 1 musim 2022/2023 pada Jumat (2/12) malam ini. Kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air itu rencananya dilanjutkan mulai Senin (5/12).

Kabar ini dikonfirmasi oleh Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Sudjarno.

"Insyaallah (izin turun) malam ini. Kita malam ini menunggu dokumen dari Mabes Polri. Mudah-mudahan malam ini sudah diterima," kata Sudjarno saat dihubungi wartawan.

Sudjarno mengatakan, klub-klub peserta Liga 1 sudah mulai bertolak menuju Jawa Tengah dan Yogyakarta pada hari ini. Seperti diketahui, kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air itu akan dilanjutkan dengan sistem bubble atau gelembung di lima stadion yang berada di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Namun, sistem bubble rencananya hanya diterapkan dari pekan ke-12 sampai 17 atau sampai putaran pertama berakhir. Setelah itu, kompetisi diharapkan bisa kembali digelar dengan sistem kandang-tandang.

Baca Juga:

Pelatih Arema FC Paparkan Plus Minus Sistem Bubble pada Lanjutan Liga 1

Liga 1 Masih Sulit Digelar, Komisaris Persib Umuh Muchtar Sampaikan Saran

Adapun lima stadion yang disiapkan sebagai venue di antaranya adalah Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Manahan (Solo), Stadion Moch Soebroto (Magelang), Stadion Maguwoharjo (Sleman) dan Stadion Sultan Agung (Bantul). Tim dari PT LIB serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) juga sudah melakukan verifikasi terhadap lima stadion tersebut sejak kemarin.

"Sudah (selesai verifikasi stadion). Tim-tim yang mau main sudah berangkat ke sana (Yogyakarta dan Jawa Tengah). Ada yang berangkat hari ini dan ada yang berangkat besok," ujar Sudjarno.

Sebelumnya, saat ditemui awak media di Mabes Polri pada Jumat (2/12) sore WIB, Karokerma KL Sops Polri, Brigjen Dedy Setiabudi menyebut kalau pihak kepolisian sedang menghitung berbagai risiko terkait keamanan di lima wilayah yang akan jadi lokasi pelaksanaan lanjutan Liga 1. Karena itu, Polri menunggu laporan dari Polda dan Polres yang di wilayahnya dijadikan lokasi pertandingan.

"Proses aturan baru itu harus ada penilaian risiko di tempat-tempat yang akan dilaksanakan kompetisi," ucapnya.

Liga 1 musim ini yang baru memasuki pekan ke-11 dihentikan untuk sementara waktu sejak 2 Oktober 2022 akibat Tragedi Kanjuruhan yang diduga berawal dari tembakan gas air mata pihak keamanan sehingga menyebabkan kericuhan. Kericuhan yang terjadi usai laga Arema FC kontra Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang (1/10) itu memakan 135 korban jiwa.