J League Punya Aturan Khusus, Pemain Indonesia Bisa Berkarier di Jepang Tanpa Ribet

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 06 Agustus 2021
J League Punya Aturan Khusus, Pemain Indonesia Bisa Berkarier di Jepang Tanpa Ribet
Ilustrasi J League. (J League)

BolaSkor.com - Kompetisi Liga Jepang alias J League selalu bersahabat dengan sdpak bola negara-negara Asia. J League secara tidak langsung membantu sepak bola negara-negara Asia berkembang.

Ini dibuktikan dengan terus mengedepankan J League Partner Nations (JPN). JPN adalah sebentuk kerja sama antara J League dengan negara-negara untuk memajukan sepak bola.

Ada delapan negara yang masuk ke dalam JPN, yakni Thailand, Vietnam, Myanmar, Malaysia, Kamboja, Singapura, Qatar, dan Indonesia. Ada keuntungan yang ditawarkan dari J League ke-8 negara ini.

Setiap pemain dari delapan negara ini punya kebebasan untuk berkarier di J League. Jika mereka bergabung klub J League, statusnya bukanlah pemain asing, tetapi pemain lokal. Tidak masuk dalam batas lima pemain asing yang diturunkan klub pada laga J League.

Baca Juga:

Olimpiade Tokyo 2020: Mengenal 12 Pemain J League di Timnas Jepang

3 Veteran di J1 League: Para Legenda Timnas Jepang

J League
Ilustrasi J League. (J League)

Seperti diketahui, J League mempunyai aturan membebaskan jumlah pemain asing tiap klub, dengan catatan hanya lima saja yang bisa dimasukkan ke dalam skuat yang berlaga. Dari sebelumnya lima pemain asing. Ini berlaku sejak 2019.

Dengan ini, pemain Indonesia memiliki keuntungan untuk bisa berkarier di J League. Sayangnya, Indonesia belum memanfaatkan kebijakan ini.

Pada musim 2021, setidaknya ada lima pemain ASEAN yang memperkuat tim-tim J League dengan memanfaatkan aturan ini. Di J1 League, ada tiga pemain, yakni dua pemain Thailand, Chanathip Songkrasin (Hokkaido Consadole Sapporo) dan Theeraton Bunmathan (Yokohama F. Marinos), serta kiper Vietnam, Dang Van Lam (Cerezo Osaka).

Di J2 League ada pemain asal Thailand, Sittichok Paso, yang akan memperkuat Ryukyu FC dengan menjalani peminjaman dari Chonburi FC. Sedangkan di J3 League, striker timnas Malaysia, Hadi Fayyadh, memperkuat Azul Claro Numazu, sebagai pinjaman dari tim J2 League, Fagiano Okayama.

J League Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.964

Bagikan