Jacksen Tiago Belajar Jadi Pelatih Bunglon Selama 25 Tahun Jalani Karier di Indonesia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 31 Januari 2019
Jacksen Tiago Belajar Jadi Pelatih Bunglon Selama 25 Tahun Jalani Karier di Indonesia
Pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago saat berbincang dengan dua pemain asingnya di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (30/1). (BolaSkor.com/Al Khairan Ramadhan)

BolaSkor.com - Jacksen F Tiago sudah tak kaget dengan rencana digelarnya Piala Presiden, meski Piala Indonesia baru memasuki babak 32 besar. Sebagai seorang pelatih yang sudah 25 tahun di Indonesia, Jacksen sudah belajar memahami perubahan situasi ini.

Istilah "pelatih bunglon" dipakai Jacksen untuk menggambarkan perjalanannya. Beragam perubahan yang terjadi setiap tahunnya menuntut seorang pelatih untuk bisa beradaptasi dalam situasi apapun.

Kondisi ini berpeluang terjadi tahun ini. Saat Piala Indonesia sedang berjalan, ada kemungkinan Piala Indonesia kembali diputar. Praktis perubahan program bisa terus terjadi.

"Dengan 25 tahun berada di Indonesia, saya bisa menjadikan diri saya sebagai seorang pelatih bunglon. Artinya adaptasi dengan segala cuaca. No problem," kata Jacksen saat di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Baca Juga:

Piala Indonesia: Barito Putera Janjikan Perubahan Lawan PSS di Leg Kedua 32 Besar

Piala Indonesia: Harga Diri Berperan saat PSS Sleman Gantian Jamu Barito Putera

Target Eks Bek Persib bersama PSS Sleman

Pada bulan Januari saja, Jacksen sebenarnya menyiapkan lima program untuk skuat Barito Putera. Namun pada akhirnya tak satupun program bisa dijalankan.

Bahkan sampai saat ini, ia belum menyiapkan program untuk bulan Februari. Setelah lawan PSS Sleman pada leg kedua Piala Indonesia 2018-2019 di Stadion Maguwoharjo, Kamis (31/1), Jacksen hanya mengumumkan para pemain untuk kumpul kembali pada 4 Februari mendatang.

"Saya tanggapi dengan santai saja. Kalau stres dengan perubahan itu, kita sendiri yang pusing. Makanya saya bilang, saya pelatih bunglon, harus bisa adaptasi dalam situasi apapun," kelakar Jacksen.

Yang bisa dilakukannya saat ini adalah memastikan timnya bersemangat menghadapi PSS Sleman. Ia yakin timnya bisa melaju ke babak 16 besar, meski leg pertama takluk 1-2 di Stadion Demang Lehman, Rabu (23/1). (Laporan Kontributor Al Khairan Ramadhan)

Jacksen f tiago Barito Putera Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan