BolaSkor.com - Pelatih Barito Putera, Jacksen Ferreira Tiago memastikan anak asuhnya tetap dalam kondisi stabil, meski menjalankan ibadah puasa. Ia tak memungkiri bahwa program latihan tentu akan berbeda dengan bulan-bulan biasanya sebelum memasuki Ramadhan.

Arsitek Barito Putera itu perlu kembali menegaskan bahwa puasa bukan sebagai alasan bagi pemain untuk tidak tampil maksimal di lapangan, saat menantang Perseru Serui di Stadion Gajayana Malang, Kamis (17/5) malam.

"Kami sudah berbicara dengan tim pelatih maupun tim medis di tim ini. Kami sudah mencari cara yang tepat untuk tetap membuat kondisi pemain stabil selama puasa," papar Jacksen.

Dalam skuat tim asuhannya, lebih dari 80 persen dari 30 pemain adalah muslim. Jika dibandingkan tim lain, tentu ada sedikit kekhawatiran dalam mengatasi sirkulasi energi pemain sehari-hari, jika membandingkan pola makan di bulan biasa dengan bulan puasa.

"Tergantung bagaimana sudut pandang kita. Kalau menilai dengan puasa tubuh menjadi lemah, ya Anda akan terus merasa seperti itu," ungkap Jacksen.

Namun sebaliknya, Jacksen menganggap puasa berimbas bagus untuk pemain. Selain menguatkan sisi religi, puasa juga dapat mengontrol pola kehidupan sehingga tidak mengonsumsi makanan yang berlebihan.

"Bagi saya, puasa malah menguatkan tubuh. Lagipula, kendala seperti ini bukan hal yang baru bagi pemain, karena menjalankan ibadah puasa saat kompetisi di setiap musim," tandasnya.

"Saya sendiri ikut menjalankan puasa. Tubuh tetap segar dan konsentrasi tetap terjaga saat bekerja," pungkas juru taktik asal Brasil tersebut. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)