BolaSkor.com - Pelatih asal Brasil, Jacksen Ferreira Tiago, pilih realistis melihat kelanjutan karirnya bersama Persis Solo. Jacksen hanya bisa pasrah andai kekalahan atas Persikabo 1973 0-2, Minggu (7/8), menjadi perjalanan terakhir bersama Laskar Sambernyawa.

Jacksen Tiago sudah menjadi sorotan sejak Piala Presiden 2022 lalu. Dengan skuat yang sebenarnya terbilang lumayan, permainan Persis Solo tak ada perkembangan berarti.

Persis Solo masih punya masalah pada lini belakang. Selain itu, Persis Solo kesulitan melakukan build up serangan dengan rapi. Bola dari lini belakang kerap dilempar ke depan.

Baca Juga:

Persib Terus Mendapat Terpaan, dari Kritik, Desakan hingga Peretasan

Nil Maizar Ungkap Dua PR Besar Dewa United FC Usai Dikalahkan Persita

Masalah itu sangat terlihat ketika gagal meraih kemenangan sepanjang Piala Presiden 2022. Namun, dengan waktu yang ada, Jacksen gagal membenahi hal tersebut hingga jeblok di Liga 1 2022/2023.

Dalam tiga pertandingan, Persis Solo kalah tiga kali. Gawang yang dijaga Muhammad Riyandi sudah bobol tujuh kali. Persis Solo pun jadi satu-satunya tim yang belum meraih poin.

Jacksen Tiago paham bahwa bicara peningkatan performa tak akan ada artinya ketika hasil akhir menjadi milik lawan.

"Seandainya saya dapat kabar bahwa ini pertandingan terakhir, saya harus berjiwa besar karena kita harus realistis sampai hari ini belum bisa mendapat kemenangan," kata Jacksen Tiago.

"Kita mau bicara main apa, peluang apa, itu tidak masuk akal, pada akhirnya kita tetap kalah, sehingga saya pribadi jelas tahu kemampuan, saya tahu apa yang diperbuat sehari-hari, tapi kalau kita belum dapat hasil, semua itu bisa dikatakan bakal menjadi omong kosong," lanjut Jacksen Tiago.

Jacksen menyadari bahwa tekanan yang datang dari suporter merupakan buah dari hasil jeblok timnya.

"Saya harus berjiwa besar menerima semua tekanan, kritikan yang ada pada saya, karena tiga pertandingan belum mampu mendapatkan hasil yang semestinya kita dapat," tutur Jacksen.

"Prestasi adalah hal yang bisa membungkam semua itu, itu yang kita kejar, tapi sampai hari ini belum kita dapatkan," lanjut mantan pelatih Persipura Jayapura itu.

Setelah ini, Persis Solo akan melakoni laga pertama di Stadion Manahan Solo, melawan Persita Tangerang, 14 Agustus 2022. Kabar menyebut laga ini akan menentukan nasib Jacksen bersama Persis Solo. (Laporan Kontributor Putra Wijaya)