BolaSkor.com - Persebaya Surabaya belum menunjukkan penampilan yang konsisten sepanjang delapan laga Liga 1 2021/2022. Namun, Bajol Ijo telah memunculkan satu pemain yang kerap menyita perhatian, yakni Taisei Marukawa. Pemain asal Jepang ini tampil memukau menjadi playmaker pada setiap laga Persebaya musim ini.

Aksi Taisei Marukawa di Liga 1 menjadi sorotan suporter Persebaya yang seperti menemukan idola baru. Sejauh ini, pemain kelahiran Hiroshima tersebut mampu menjawab keraguan yang sempat menghampirinya sejak awal kedatangan. Sampai pekan kedelapan, penggemar tokoh manga dan anime Tsubasa Ozora itu sudah menggelontorkan tiga gol dan tiga assist.

Gelandang bernomor punggung 10 tersebut tampil tak kenal lelah terus berlari sepanjang laga. Kendati demikian, Taisei mengaku belum puas dengan apa yang sudah dia tunjukkan untuk Bajol Ijo.

"Saya selalu bermain 100 persen, saya melakukan yang terbaik untuk diri saya sendiri. Tapi saya tidak puas dengan hasilnya, karena kami seharusnya memenangkan setiap pertandingan," katanya kepada BolaSkor.com.

Baca Juga:

Hasil Liga 1: Arema FC Menang Lagi, Bhayangkara FC Tundukkan Bali United

Jumpa di Laga Berikut, Pelatih Persib Komentari Pencapaian PSIS

Bagi Taisei Marukawa, bermain di Indonesia menjadi pengalaman pertama. Liga 1 2021/2022 menjadi musim pertamanya mencicipi kompetisi kasta tertinggi di Indonesia itu. Dia bahkan mengusung tekad mampu mencetak 10 gol maupun assist bagi tim asal Kota Pahlawan tersebut.

"Saya ingin lebih, bukan hanya gol dan assist. Saya percaya bisa berbuat lebih banyak. Ketika baru datang, saya menyatakan akan menghasilkan 10 gol atau assist, tentu saya ingin mencapai target itu. Bahkan, saya merasa bisa berbuat lebih banyak, saya pikir bisa mencetak 15 atau lebih gol dan asis," tekad pemain bertinggi 170cm tersebut.

Adaptasi Taisei Marukawa dengan cuaca Indonesia termasuk cukup cepat. Dia tidak merasa kelelahan karena panasnya cuaca di Indonesia. Dampaknya, gelandang menyerang ini bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya di Liga 1 2021. Mantan pemain Noah Jurmala itu beberapa kali masuk menjadi pemain terbaik pilihan tim Technical Study Group (TSG) Liga 1.

Lebih lanjut pemain 24 tahun tersebut semula menilai kompetisi Liga 1 cukup mudah. Namun dia mengubah pandangannya tersebut setelah melakoni tujuh laga bersama Persebaya. Taisei juga turut menyoroti sejumlah kontroversi yang menghiasi kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim ini.

"Awalnya, saya pikir bermain (Liga Indonesia) lebih mudah. (Ternyata) saya merasa bek-bek di Liga Indonesia cepat. Tapi, saya bisa mengalahkan mereka. Kalau soal kontroversi, kita harus menanggungnya bersama. Tentu saya dan semua pemain di Liga Indonesia menginginkan (kualitas) pengadil lapangan yang bagus," tandas Taiesi. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)