Jadi Juara Umum SEA Games 2023, Timnas PUBG Indonesia Diharapkan Naik ke Level Dunia

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 16 Mei 2023
Jadi Juara Umum SEA Games 2023, Timnas PUBG Indonesia Diharapkan Naik ke Level Dunia
Penyambutan kedatangan Tim Esports Indonesia dari SEA Games 2023 (merahputih/Kanu)

BolaSkor.com - Tim esports Indonesia pulang disambut bak pahlawan setibanya di Tanah air usai berlaga di SEA Games 2023 Kamboja. Indonesia menjadi juara umum di cabor esports dengan membawa pulang lima medali. Terdiri dari tiga emas dan dua perak.

Skuad Garuda memperoleh tiga medali emas dari nomor Mobile Legends Putri, Valorant kategori tim, PUBG Mobile kategori tim, serta dua perak dipersembahkan oleh Timnas Crossfire PUBG Mobile solo.

Satu persatu atlet esport Indonesia dikalungi bunga oleh perwakilan NOC, PB ESI, Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora), dan KONI.

Baca Juga:

7 Fakta Menarik Timnas Indonesia U-22 Sabet Medali Emas SEA Games 2023

SEA Games 2023: Timnas Indonesia U-22 Sabet Medali Emas Usai Bungkam Thailand

Kabid Hukum dan Legalitas PB Esport Indonesia, Yudistira Adi Pratama mengatakan kepulangan tim menjadi pencapaian dan wujud kerja keras.

"Saya ucapkan terima kasih atas perjuangan mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional," kata Yudis di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (16/5).

Sekjen NOC Indonesia Harry Warganegara mengucapkan terima kasih kepada tim Esport selama persiapan hingga pertandingan.

"Kalian membuktikan bahwa semua itu tak ada yang percuma," ucap Harry. "Yang dapat medali bisa dipertahankan untuk maju ke tingkat Asia dan dunia."

Penyambutan kedatangan Tim Esports Indonesia dari SEA Games 2023 (merahputih/Kanu)

Sementara itu, salah satu pelatih tim PUBG Mobile Jendra 'Capt' Wahyudi menuturkan adanya dugaan kecurangan yang mereka alami mampu diatasi dengan baik.

"Kami bisa aware dengan baik. Termasuk antisipasi dengan baik. Anak-anak juga tak terpengaruh secara mental," ungkap dia.

Jendra menuturkan, mayoritas tim yang dikirim adalah baru. Nantinya, tim ini akan dibubarkan dan dirancang kembali komposisi baru yang lebih baik.

"Saya sebagai pelatih cari pemain yang perform baik. Yang belum dipanggil pun belum tentu kurang baik, namun akan dipanggil sesuai yang cocok dengan strateginya," ungkap Jendra.

Anggota Timnas PUBG Indonesia Teuku Muhammad 'Ponbit' Kautsar menyebut, meski baru mengenal rekan setimnya, namun ia bisa beradaptasi dengan baik.

"Selama di pelatnas kan kita apa-apa bareng. Jadi disana bisa mengenal satu sama lain dengan cepat," ungkap Teuku yang menyebut medali ini ia persembahkan ke kedua orang tuanya.

Sekedar informasi, seluruh pertandingan di cabor esports berlangsung sejak tanggal 6-15 Mei 2023. Para atlet tampil di dua lokasi berbeda, yakni Olympia Mall dan NagaWorld Entertainment Complex, Phnom Penh, Kamboja.

Total ada sembilan nomor pertandingan yang diselenggarakan oleh Kamboja selaku tuan rumah. Skuad Garuda hanya berpartisipasi di enam nomor, di antaranya Mobile Legends Putra dan Putri, Valorant tim, PUBG Mobile tim dan solo, serta Crossfire. (merahputih.com/Kanu)

SEA GAMES SEA Games 2023
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan