Jadi Lumbung Medali Emas, KOI Usahakan Pencak Silat Dipertandingkan di Asian Games 2022

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 01 September 2018
Jadi Lumbung Medali Emas, KOI Usahakan Pencak Silat Dipertandingkan di Asian Games 2022
Pesilat Indonesia Wewey Wita (kiri). (INASGOC/Melvinas Priananda)

BolaSkor.com - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) memperjuangkan cabang olahraga pencak silat bisa dipertandingkan pada Asian Games 2022 di Hangzhou, Zhejiang, China. Pencak silat menjadi lumbung mendali emas bagi kontingen Indonesia pada Asian Games 2018.

"Kami akan perjuangkan silat bisa dipertandingkan di Asian Games 2022. Salah satunya meyakinkan tuan rumah China. Kami akan lakukan lobi," kata Wakil Ketua KOI Mudai Maddang seperti dikutip Antaranews.

Pada Asian Games 2018 pencak silat menyumbang 14 medali emas bagi Indonesia. Hasil ini di atas target yang dibebankan, lima hingga enam medali emas. Kondisi ini jelas menjadi perbincangan negara peserta lain.

Untuk kembali dipertandingkan di Asian Games, pencak silat membutuhkan dukungan dari sekitar 20 negara. Untuk itu KOI akan berusaha semaksimal mungkin agar olahraga bela diri asli Indonesia itu bisa dipertandingkan.

"Kami akan terus mengupayakan termasuk menjalin komunikasi dengan negara lain. Untuk Asian Games 2018 ada 16 negara yang berpartisipasi," kata Mudai Maddang.

Upaya untuk meloloskan pencak silat ke Asian Games 2022 juga dilakukan oleh internal PB IPSI. Seperti yang diungkap pelatih kepala tim pencak silat Indonesia, Rony Syaifullah.

"Desember nanti ada kejuaraan dunia. Di situ kami juga akan menjalin komunikasi dengan banyak pihak dari negara lain."
Asian Games 2018 sendiri merupakan pertama kali cabor pencak silat dipertandingkan.

Asian games 2018 Asian games Koi Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.107

Bagikan