BolaSkor.com - Kabar mengejutkan datang dari timnas Spanyol jelang H-1 penyelenggaraan Piala Dunia 2018. Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), Luis Rubiales, mengumumkan secara resmi pemecatan Julen Lopetegui dari kursi pelatih timnas Spanyol.

Hal ini merupakan buntut dari pengumuman Real Madrid yang menunjuk Lopetegui sebagai pelatih baru menggantikan Zinedine Zidane.

"Kami berterima kasih kepadanya untuk semua yang telah dilakukan, karena dia satu dari beberapa orang hebat yang bertanggung jawab membuat kami berada di Rusia, tetapi kami terpaksa memecatnya," demikian pernyataan Rubiales, dikutip dari Marca.

"Harus ada izin atau pesan yang jelas untuk semua pegawai dalam Federasi Spanyol, ada beberapa bentuk tindakan yang harus diambil," tambahnya.

Keputusan ini membuat RFEF justru bakal menerima dana senilai 2 juta euro atau sekitar Rp 32 miliar untuk menebus kontrak Lopetegui sebagai pelatih timnas Spanyol.

"RFEF akan menerima biaya dari klausul jadi sang pelatih dapat menandatangani kontrak untuk Real Madrid," tulis pernyataan RFEF.

Ini jelas merupakan hambatan bagi Spanyol. La Furia Roja tengah berjuang dalam sebuah persiapan di Piala Dunia 2018. Spanyol menjadi salah satu kandidat juara Piala Dunia 2018.

Spanyol tergabung di Grup B bersama Portugal, Maroko, dan Iran. Sergio Ramos dkk. bakal menghadapi Portugal di laga perdana, 16 Juni mendatang.

Hingga berita ini diturunkan, RFEF belum menunjuk siapa yang menggantikan Lopetegui.