BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) menunjuk Terry Butcher sebagai pelatih anyar Timnas Filipina. Terry Butcher sekaligus menggantikan peran Thomas Dooley, yang tak diperpanjang kontraknya.

Terry Butcher sebelumnya memegang klub seperti Coventry City, Sunderland, Motherwell, Sydney FC, dan terakhir Newport Country. Terry Butcher menganggur setelah meninggalkan Newport City pada 2015.

Adapun sebagai pemain, ia pernah membela Ipswich Town, Rangers, Coventry City, Sunderland, Clydebank. Selain itu, sosok berusia 59 tahun itu tercatat sebagai mantan pemain Timnas Inggris dengan 77 caps.

"Saya melihat ini sebagai tantangan besar. Saya melihat banyak yang harus dilakukan ke depan, tapi akan menjadi pekerjaan yang menyenangkan," katanya dikutip dari Inquirer.

"Saya ingin menyampaikan banyak terima kasih kepada Thomas Dooley karena menempatkan Azkals sejauh ini dan meningkatkan tim dan kepercayaan."

Terry Butcher akan dibantu oleh mantan pelatih Mitra Kukar, Scott Cooper. Bukan sebagai asisten, pelatih asal Inggris akan mengisi pos penasihat Timnas senior.

Scott Cooper sudah berpengalaman di sepak bola ASEAN. Kariernya lebih banyak dihabiskan di Thailand ketika berada di regional ASEAN.

"Kami bukan hanya mendapatkan Terry Butcher. Ia akan dibantu penasihat yang kompeten pada diri Scott Cooper, yang punya catatan bagus dalam sepak bola Asia dan ASEAN," kata manajer Timnas Filipina, Dan Palami dikutip dari Fast Break.

"Kami memiliki pemimpin yang sangat bersemangat dan kuat dalam diri Terry dan dukungan taktis dan teknis yang sangat kompeten dari Scott," tambahnya.

Sementara soal Thomas Dooley, Dan Palami menjelaskan bahwa PFF menawarkan posisi lain. "Sepak bola Filipina berhutang pada Thomes Dooley. Karena itu saya menawarkannya posisi di tim dalam kapasitas berbeda. Saya berharap ia akan menerima dan tetap bersama tim."

Thomas Dooley sebelumnya sangat berharap tetap menjadi pelatih. Ia membuka peluang menangani Timnas Singapura, apabila jasanya benar-benar tak dipakai PFF lagi.