BolaSkor.com - Keberadaan Taisei Marukawa di lini serang Persebaya Surabaya terasa makin esensial. Winger asal Jepang itu tampil menjanjikan bersama Persebaya pada Liga 1 2021/2022. Dia terus memberikan kontribusi positif bagi tim kebanggaan Bonek tersebut.

Terbaru, dia menjadi pahlawan kemenangan Persebaya ketika menghadapi Persita Tangerang pada laga Rabu (24/11) malam. Marukawa mencetak dua gol pada laga di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Pelatih Persebaya Aji Santoso memuji kecerdikan Marukawa saat mencetak gol pertama di laga tersebut. Pasalnya, berawal dari penetrasi di sisi kiri pertahanan Persita, dia lantas melepaskan tembakan ke tiang jauh tanpa dapat dijangkau kiper Dhika Bayangkara.

Baca Juga:

Pelatih Persib Berharap Dua Striker Asing Tak Melempem di Big Match

Persebaya Bantah Rumor Ciro Alves, Masa Depan Jose Wilkson Masih Aman

“Marukawa memang tampil luar biasa. Dia bisa cetak brace. Dan (gol) yang pertama cukup bagus, dengan shooting ke far post. Dan berikutnya (tendangan) penalti di eksekusi dengan bagus,” puji Aji.

Dengan tambahan dua gol ke gawang Persita membuat koleksi gol Marukawa menjadi 6, sama dengan raihan stiker Jose Wilkson Teixeira Rocha. Sebelumnya dia membobol gawang PSS Sleman dua kali, serta masing-masing satu gol ke gawang Persipura Jayapura dan Persija Jakarta.

Padahal, semenjak debut bersama Persebaya, Aji banyak memainkan Marukawa sebagai winger. Meski begitu, Aji juga memberinya kebebasan untuk bermain lebih ke tengah. Ia juga sering hadir di kotak penalti menemani Jose Wilkson guna mengeksekusi peluang.

Bukan tanpa alasan jika kemudian pelatih asal Kepanjen, Kabupaten Malang tersebut menilai Marukawa memiliki peran vital bagi Bajol Ijo. Pemain bernomor punggung 10 ini senantiasa memamerkan energi besar dalam bermain. Utamanya dalam aspek ofensif.

“Marukawa itu bagian yang penting dari Persebaya,” tegas Aji.

Berbekal skill mumpuni, Marukawa menjadi inisiator serangan Persebaya bersama Bruno Moreira. Performa dan kontribusi pemain yang menggemari tokoh Tsubasa Ozora pada manga dan anime Captain Tsubasa ini bisa menjadi alat ukur serta menentukan perjalanan Persebaya musim ini. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)