Jadwal dan Informasi Seputar Play-off Piala Dunia 2022

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 22 Maret 2022
Jadwal dan Informasi Seputar Play-off Piala Dunia 2022
Laga klasik Italia vs Portugal (Twitter)

BolaSkor.com - Jeda internasional bulan Maret tengah dimulai saat ini. Salah satu event yang layak dinanti, kecuali laga-laga persahabatan yang melibatkan negara besar, adalah Play-off Piala Dunia 2022 Zona Eropa.

Italia, Portugal, Turki, Skotlandia, Ukraina, Wales, Austria, Rusia, Polandia, Swedia, Republik Ceko, dan Makedonia Utara adalah negara-negara yang akan bermain di dalamnya.

Akan tapi dua dari negara itu tidak akan memainkan laga play-off karena penundaan. Ukraina tidak bertanding melawan Skotlandia karena situasi mereka tak memungkinkan melakukannya terkait serangan dari Rusia.

Sementara Polandia, diikuti Republik Ceko, menolak bermain melawan Rusia. FIFA pada awalnya memperbolehkan laga berlanjut di stadion netral tanpa penonton, tapi pada akhirnya memberikan bye kepada Polandia untuk memainkan laga berikutnya.

Polandia juga telah menawarkan untuk menjadi tuan rumah bagi seluruh laga kandang Ukraina jika mereka tak bisa bermain di negeri sendiri. Absennya dua laga itu bisa mengubah jadwal yang diterapkan FIFA dan UEFA.

Baca Juga:

Diboikot Jelang Play-off Piala Dunia 2022, Rusia Tak Gentar

Pernyataan Kontroversial FIFA Terkait Boikot Negara-negara kepada Rusia

Polandia Menolak Bermain Lawan Rusia, Lewandowski Beri Dukungan

Format Play-off

Terlepas dari situasi pelik kedua negara tersebut, play-off lainnya akan tetap berlangsung dengan aturan yang cukup unik dengan adanya istilah "Path" atau bisa juga disebut sebagai grup, namun tidak menggunakan klasemen.

Jalur A berisikan Skotlandia, Ukraina, Wales, dan Austria. Jalur B dihuni Rusia, Polandia, Swedia, dan Republik Ceko, serta jalur B yang berisikan Italia, Makedonia Utara, Portugal, dan Turki.

Sederhananya pemenang dari tiga jalur itu akan lolos ke fase grup Piala Dunia 2022. Skotlandia melawan Ukraina (ditunda), Wales melawan Austria di jalur A, lalu Rusia vs Polandia (Polandia dapat bye) dan Swedia vs Republik Ceko.

Terakhir di grup C adalah Italia vs Makedonia Utara, Portugal vs Turki. Ini menarik karena jika Italia dan Portugal bertemu di final maka hanya salah satu dari mereka yang bermain di Piala Dunia 2022.

Adapun 12 tim yang terbagi di ketiga path itu datang dari para runner-ups grup Kualifikasi Piala Dunia 2022 (10 tim), serta dua tim pemenang terbaik dari UEFA Nations League 2020-201 secara ranking menyeluruh.

Dua tim tersebut juga ada di play-off karena tak lolos langsung ke Piala Dunia sebagai pemenang grup, atau sudah mengikuti play-off sebagai runner-up grup.

Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022 akan dihelat di Qatar dari November hingga Desember 2022. Adapun tim-tim yang sudah lolos adalah: Qatar, Jerman, Denmark, Brasil, Prancis, Belgia, Kroasia, Spanyol, Serbia, Inggris, Swiss, Belanda, dan Argentina.

Jadwal Play-off Piala Dunia 2022

Jumat, 25 Maret 2022

Portugal vs Turki (Estadio do Dragao - 02.45 WIB)
Wales vs Austria (Cardiff City Stadium - 02.45 WIB)
Swedia vs Republik Ceko (Friends Arena - 02.45 WIB)
Italia vs Makedonia Utara (Renzo Barbera - 02.45 WIB)

Final dihelat pada 30 Maret 2022 pukul 01.45 WIB

Breaking News Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Kualifikasi Piala Dunia 2022 Italia Timnas Italia Portugal Timnas Portugal
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.105

Bagikan