Jadwal Final J League YBC Levain Cup 2021, Ada 'Rasa' Indonesia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 26 Oktober 2021
Jadwal Final J League YBC Levain Cup 2021, Ada 'Rasa' Indonesia
Cerezo Osaka. (J League)

BolaSkor.com - Babak final J League YBC Levain Cup 2021 akan dihelat pada akhir pekan ini. Nagoya Grampus akan melawan Cerezo Osaka, pada laga puncak J League YBC Levain Cup 2021 di Saitama Stadium 2002, Sabtu (30/10) mulai pukul 11.05 WIB.

Ini kali pertama Nagoya Grampus lolos ke partai puncak. Sedangkan Cerezo Osaka pernah sekali lolos ke final saat jadi juara pada tahun 2017 lalu.

Laga final ini akan disiarkan langsung di channel YouTube J League International secara gratis. Bagi fans di Indonesia, siaran langsung juga bisa disaksikan dengan komentator berbahasa Indonesia.

Baca Juga:

Wawancara Irfan Bachdim: Kenang Main di J League dan Potensi Pemain Indonesia

Melihat Sejarah J League Cup, Salah Satu Kompetisi Bergengsi Liga Jepang

Nagoya Grampus
Nagoya Grampus. (J League)

Road to Final

Musim ini merupakan gelaran ke-29 J League YBC Levain Cup sepanjang sejarah. Diikuti oleh 20 klub J1 League 2021. Dari jumlah tersebut, 16 tim masuk di babak grup yang terbagi dalam empat grup masing-masing berisi empat tim.

Dua tim teratas kemudian lolos ke babak play-off, dengan empat pemenang play-off lolos ke babak utama. Di babak utama, ada empat tim yang langsung lolos ke babak ini alias babak delapan besar, yakni Kawasaki Frontale, Gamba Osaka, Nagoya Grampus, dan Cerezo Osaka.

Di babak delapan besar, Nagoya Grampus menang telak 4-0 secara agregat lawan Kashima Antlers. Berhasil mengalahkan lawan 2-0 kandang dan tandang.

Sedangkan Cerezo Osaka harus melawan rival sekota, Gamba Osaka. Cerezo sempat kalah 0-1 di kandang pada pertemuan pertama, sebelum kemudian menang besar 4-0 pada perkemuan kedua di kandang Gamba.

Di semifinal, Nagoya Grampus harus melawan juara bertahan, FC Tokyo. Nagoya Grampus menang 3-1 pada pertemuan pertama, dan kalah 1-2 pada leg kedua. Namun, lolos ke final dengan unggul agregat 4-3.

Cerezo Osaka imbang 1-1 lawan Urawa Red Diamonds di partai pertama. Sebelum menang tipis 1-0 pada pertemuan kedua, sekaligus memastikan diri lolos ke partai puncak.

Sejarah Kedua Finalis

Nagoya Grampus
Nagoya Grampus. (J League)

J League YBC Levain Cup alias Piala Liga Jepang kali pertama digulirkan pada 1992, sebagai kompetisi pemanasan jelang musim pertama Liga Jepang era J League.

Kini, kompetisi ini digelar untuk tim-tim J1 League dan beberapa tim J2 League tergantung format kompetisi setiap musim. Jadi satu dari tiga kompetisi utama di Jepang selain Liga Jepang (J League) dan Piala Kaisar (Emperor's Cup).

Nagoya Grampus dan Cerezo Osaka adalah dua tim yang berasal dari Jepang bagian tengah, artinya sama-sama bukan berasal dari Ibu Kota Jepang, Tokyo. Lebih tepatnya daerah metropolitan Greater Tokyo Area memang pusat sepak bola di kasta teratas sepak bola Jepang. Musim ini, dari 20 tim J1 League, delapan di antaranya berasal dari Greater Tokyo Area.

Nagoya Grampus berasal dari Nagoya, ibu kota Prefektur Aichi. Nagoya merupakan kota terbesar di region Chubu yang ada di tengah Jepang.

Cerezo Osaka
Cerezo Osaka. (J League)

Kota ini juga merupakan kota dengan populasi terbesar keempat di Negeri Matahari Terbit. Nagoya merupakan salah satu kota industri terpenting yang ada di Jepang.

Sedangkan Cerezo Osaka berasal dari Prefektur Osaka. Hometown Cerezo tepatnya ada di Kota Osaka dan Sakai. Osaka merupakan ibu kota dan kota dengan populasi terbanyak di di prefektur ini dan kota utama di region Kansai di bagian Tengah-Selatan Jepang.

Osaka merupakan kota dengan populasi terbanyak ketiga di Jepang, di atas Nagoya, dan di bawah Tokyo serta Yokohama. Dalam tiga musim terakhir, tim dari Greater Tokyo Area selalu jadi juara, dimulai dari Shonan Bellmare (2018), Kawasaki Frontale (2019), dan FC Tokyo (2020).

Tim terakhir yang bukan dari ibu kota yang berhasil juara adalah Cerezo Osaka pada 2017 saat menang 2-0 lawan Kawasaki Frontale di partai puncak.

Jadwal final J League YBC Levain Cup 2021:

Saksikan Laga Final J League YBC Levain Cup 2021, Nagoya Grampus Vs Cerezo Osaka pukul 11.05 WIB dengan klik di sini

J League Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.014

Bagikan