Jadwal Lanjutan Putaran Pertama Liga 1 Tersebar, Dibuka Tiga Laga Sekaligus

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 03 Desember 2022
Jadwal Lanjutan Putaran Pertama Liga 1 Tersebar, Dibuka Tiga Laga Sekaligus
Aksi Abdulla Yusuf Helal saat Persija menghadapi Persita di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (24/8) malam WIB. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

olaSkor.com - Putaran pertama Liga 1 2022/2023 akan dilanjutkan mulai Senin (5/12). Tiga pertandingan digelar bersamaan sebagai 'partai pembuka' kompetisi yang memasuki pekan ke-12 itu.

Ketiga laga itu adalah Bhayangkara FC Vs PSS Sleman, Madura United kontra PSIS Semarang dan PSM Makassar melawan Persikabo 1973. Seluruh pertandingan itu digelar berbarengan mulai pukul 15.30 WIB di tiga stadion berbeda.

Laga Bhayangkara FC melawan PSIS digelar di Stadion Jatidiri (Semarang), Madura United Vs PSIS di Manahan (Solo) dan PSM kontra Persikabo 1973 di Sultan Agung (Bantul).

Sebelumnya, pada Jumat (2/12) malam WIB, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) dan PSSI telah mendapatkan rekomendasi atau izin untuk kembali menggulirkan Liga 1.

Rekomendasi diberikan oleh Mabes Polri setelah mendapatkan laporan pertimbangan risiko dari Polda dan Polres setempat yang wilayahnya ditunjuk sebagai daerah penyelenggara lanjutan kompetisi.

Baca Juga:

Izin Kepolisian Turun, Liga 1 Dilanjutkan Mulai 5 Desember

Stadion GBLA Tak Lolos Verifikasi, Komisaris Persib Umuh Muchtar Beri Tanggapan

Pelatih Arema FC Paparkan Plus Minus Sistem Bubble pada Lanjutan Liga 1

Kepolisian memberikan izin dengan syarat kompetisi digelar dengan sistem bubble atau terpusat di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Ada lima stadion yang akan disiapkan PSSI dan PT LIB untuk menyelenggarakan rangkaian pertandingan pekan 12-17 atau sampai berakhirnya putaran pertama.

Tiga dari lima stadion itu berada di Jawa Tengah, sedangkan dua lainnya di Yogyakarta. Adapun kelima stadion tersebut di antaranya Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Manahan (Solo), Stadion Moch Soebroto (Magelang), Stadion Maguwoharjo (Sleman) dan Stadion Sultan Agung (Bantul).

Kelima stadion itu telah memenuhi verifikasi dari tim Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) dengan menyesuaikan Peraturan Kepolisian Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga. Regulasi itu diterapkan untuk mencegah peristiwa atau insiden Tragedi Kanjuruhan terulang kembali.

Insiden yang terjadi usai laga Arema FC kontra Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan pada 1 Oktober lalu itu membuat 135 nyawa melayang. Usai insiden itu, kompetisi yang baru berjalan 11 pekan dihentikan untuk sementara waktu sampai kemudian FIFA bersama Pemerintah Republik Indonesia memerintahkan PSSI dan para pihak terkait untuk melakukan transformasi tata kelola sepak bola Indonesia ke arah yang lebih baik.

Berikut jadwal lanjutan putaran pertama Liga 1 2022/2023 yang dimulai dari pekan 12:

PT Liga Indonesia Baru PT LIB Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.250

Bagikan