BolaSkor.com - Delapan tim telah memastikan tempat di perempat final Liga Champions 2022-2023. Pertandingan terakhir di leg dua 16 besar dimainkan pada Kamis (16/03) dini hari WIB. Juara bertahan, Real Madrid, juga masih berpatisipasi.

Kedelapan tim yang lolos itu adalah Real Madrid, Napoli, Manchester City, Inter Milan, AC Milan, Bayern Munchen, Chelsea, dan Benfica. Pertama kali juga sejak musim 2005-2006 ada tiga tim Italia yang lolos ke perempat final, ketiga tim itu (Napoli, Milan, Inter) juga dilatih pelatih asal Italia.

Dua tim terakhir yang memastikan lolos menyusul tim lainnya adalah Napoli dan Madrid. Napoli menyingkirkan juara bertahan Liga Europa, Eintracht Frankfurt, dengan agregat gol 5-0 pasca menang 2-0 di leg pertama dan 3-0 di leg dua dari dua gol Victor Osimhen (45+2' dan 53') dan satu gol Piotr Zielinski (64' penalti).

Baca Juga:

Real Madrid Kalah, Carlo Ancelotti Heran Lihat Barcelona Bermain Bertahan

Membedah Rekor Pertemuan Real Madrid Vs Barcelona di Copa del Rey

5 Momen Paling Kontroversial Sepanjang Sejarah El Clasico

Hasil Liga Champions: Napoli Menang Telak, Real Madrid Singkirkan Liverpool

Real Madrid 1-0 Liverpool

Sementara satu tim lainnya adalah Madrid yang menyingkirkan juara enam kali Liga Champions, Liverpool, dengan agregat gol 6-2. Pasca menang telak 5-2 di Anfield, Madrid mengunci kemenangan 1-0 di leg dua dari satu gol tunggal Karim Benzema.

Jadwal dan Format Undian Perempat Final serta Semifinal

Undian perempat final dan semifinal Liga Champions 2022-2023 akan dilakukan di markas UEFA, Nyon, Swiss, pada Jumat (17/03) pukul 18.00 WIB. Siaran langsung undian itu dapat disaksikan di laman resmi UEFA.

Format undian berbeda dari 16 besar karena tidak ada lagi aturan di mana dua tim dari satu negara tak dapat bertemu. Artinya Derby Milan berpotensi terjadi atau Man City bertemu dengan Chelsea.

Selain itu juga UEFA dapat mengundi tim-tim yang sebelumnya bermain atau bertemu di fase grup. Undian final juga akan ditentukan untuk menentukan 'tim tuan rumah' untuk alasan administrasi, untuk laga final di Istanbul, Turki, pada 10 Juni 2023.

Berikut delapan tim yang telah berhasil lolos ke perempat final Liga Champions:

1. AC Milan
2. Bayern Munchen
3. Benfica
4. Chelsea
5. Manchester City
6. Napoli
7. Inter Milan
8. Real Madrid