BolaSkor.com - Delapan tim telah mengamankan tiket perempat final atau delapan besar Liga Champions 2018-19. Inggris mengirim perwakilan terbanyak sebanyak empat klub, diikuti masing-masing perwakilan dari Belanda, Spanyol, Italia, dan Portugal.

Keberadaan empat perwakilan Inggris di fase delapan besar untuk kali pertama terjadi sejak terakhir terjadi pada musim 2008-09. Kala itu, empat perwakilannya ialah: Arsenal, Chelsea, Manchester United, dan Liverpool.

Kali ini, tidak ada Arsenal dan Chelsea, melainkan Manchester City dan Tottenham Hotspur. Selain keempat klub Inggris yang lolos ke delapan besar, tim-tim lainnya yang lolos yakni: Juventus, Porto, Ajax Amsterdam, dan Barcelona.

Di fase delapan besar, tidak ada lagi aturan tim-tim dari negara yang sama tidak bisa bertemu. Artinya, ada potensi besar pertemuan dua tim dari Inggris di perempat final nanti. Entah itu Man United kontra Liverpool, Man City melawan Man United, Tottenham kontra Man City, atau kemungkinan lainnya.

Baca Juga:

Barcelona 5-1 Lyon: Lionel Messi Cetak Dua Gol dan Assist

Puyol Sebut Juventus Pesaing Kuat Barcelona sebagai Kandidat Juara Liga Champions

Juventus 3-0 Atletico Madrid: Hattrick Cristiano Ronaldo Warnai Comeback Gemilang Bianconeri

Delapan tim di Perempat Final Liga Champions 2018-19

Adapun undian perempat final Liga Champions akan berlangsung pada Jumat (15/3) pukul 19.00 WIB. Tidak ada siaran langsung yang menayangkannya, namun hasil-hasil undian bisa disaksikan via Twitter @ChampionsLeague.

Kedelapan tim yang lolos ke delapan besar berhasil melewati lawan-lawannya dengan hebat. Ajax, Man United, Porto, dan Juventus misalnya. Mereka melakukan comeback gemilang di leg dua 16 besar Liga Champions setelah tertinggal agregat gol di leg satu.

Ajax menyingkirkan juara bertahan tiga kali beruntun, Real Madrid, dengan agregat gol 5-3. Kalah 1-2 di Johan Cruyff Arena, Matthijs de Ligt dkk menang meyakinkan di Santiago Bernabeu dengan skor 4-1.

Man United juga mengubah suatu hal nyaris mustahil menjadi kenyataan melawan PSG (Paris Saint-Germain). Kalah 0-2 dari leg satu di Old Trafford dan dalam sejarah Liga Champions, tidak ada tim yang mampu membalikkan agregat gol jika kalah 0-2 di leg pertama yang dihelat di kandang.

Red Devils secara dramatis menang 3-1 di leg dua yang berlangsung di Paris via dua gol Romelu Lukaku dan penalti Marcus Rashford. Man United lolos dengan agresivitas gol tandang 3-3.

Sementara Porto yang kalah 1-2 dari AS Roma di leg pertama, berbalik menang 3-1 di leg dua yang berlangsung di Estadio Do Dragao. Porto, yang diperkuat Iker Casillas dan Pepe, lolos dengan agregat gol 4-3.

Terakhir, Juventus memperlihatkan alasan mengapa mereka merekrut megabintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo dari Real Madrid. Hat-trick pemain berusia 34 tahun ke gawang Atletico Madrid di leg dua membantu Juventus menang 3-0 di Turin, setelah sebelumnya kalah 0-2 di Spanyol.

Sedangkan Liverpool mengalahkan Bayern Munchen dengan agregat gol 3-1, Tottengam mendepak tim Jerman lainnya, Borussia Dortmund, dengan agregat gol 4-0, Barcelona menang agregat gol 5-1 atas Olympique Lyonnais, dan Man City yang menang telak atas Schalke dengan agregat gol 10-2.