Jaga Tradisi, IOC Akan Museumkan Raket Greysia/Apriyani

Andhika PutraAndhika Putra - Rabu, 04 Agustus 2021
Jaga Tradisi, IOC Akan Museumkan Raket Greysia/Apriyani
Greysia/Apriyani (NOC)

BolaSkor.com - Sudah menjadi tradisi setiap penyelenggaraan Olimpiade, pihak panitia akan mengambil beberapa atribut atlet sebagai kenang-kenangan. Nantinya atribut tersebut akan dimuseumkan agar generasi masa depan mampu mengetahui sejarah mengenai Olimpiade.

Dalam Olimpiade kali ini Komite Olimpiade Internasional (IOC) melalui tim warisan kebudayaan akan mengumpulkan benda-benda atlet yang dianggap bersejarah. Benda-benda ini berupa seragam, perlengkapan olahraga, dan juga audio visual yang mampu mewakili momen penting bagi atlet.

“Dengan mendokumentasikan pertandingan, kita mampu menjaga sejarah Olimpiade untuk generasi yang akan datang. Kuncinya terletak pada penekanan nilai-nilai Olimpiade, pertemanan, dan rasa hormat,” ucap Direktur dari Olympic Foundation for Culture and Heritage (OFCH), Angelita Teo dikutip dari olympics.com.

“Olimpiade sangatlah unik karena mampu membawa kebersamaan bagi masyarakat. Sangat penting untuk mendokumentasikan sejarah ini jadi generasi masa depan mengerti kenapa gerakan Olimpiade dapat membuat kontribusi besar bagi dunia,” tuturnya.

Akan ada beberapa benda yang dikumpulkan oleh IOC. Di antaranya berupa pakaian renang atlet Tunisia Ahmed Hafnaoui. IOC menganggap Ahmed mampu memberikan sejarah baik karena menjadi perenang asal Afrika pertama yang meraih medali emas dalam event Olimpiade.

Baca Juga:

Setelah 25 Tahun, Viktor Axelsen Sudahi Puasa Denmark

Betapa Bahagianya Menpora Sambut Emas Greysia/Apriyani

“Sebuah kebanggaan bisa mendonasikan baju renang saya ke Museum Olimpiade. Saya sangat berterima kasih terhadap kesempatan ini. Saya juga bangga dan senang bisa menjadi bagian dari sejarah Olimpiade,” kata Ahmed.

Selain itu, perlengkapan lain yang akan dimuseumkan adalah anak panah yang dipakai oleh atlet asal Korea Selatan, An San dan Kim Je Deok.

Peraih emas ini mampu memperlihatkan performa mengagumkan karena anak panah Kim Je Deok mampu mengenai anak panah An San yang telah tertancap di target, layaknya film Robin hood.

Bahkan raket yang dipakai oleh Greysia Polii/Apriyani Rahayu saat babak final ganda putri juga akan dimuseumkan oleh IOC.

Pasalnya raket tersebut menjadi saksi sejarah karena untuk pertama kalinya ganda putri Indonesia meraih emas sejak olahraga bulu tangkis dihadirkan dalam Olimpiade Barcelona 1992.

Penulis: Bintang Rahmat

Breaking News Olimpiade Olimpiade 2020 Olimpiade Tokyo 2020
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan