Jalan Berliku Richard Insane dalam Memajukan Freestyle Basket Indonesia

Andhika PutraAndhika Putra - Minggu, 09 Desember 2018
Jalan Berliku Richard Insane dalam Memajukan Freestyle Basket Indonesia
Ketua ABSIm Richard Insane (kiri).

BolaSkor.com - Memopulerkan olahraga basket di Indonesia tak pernah mudah. Kompetisi basket tertinggi macam Indonesia Basketball League (IBL) bahkan masih belum terlalu dilirik.

Tak bisa dimungkiri, sepak bola masih menjadi cabang olahraga paling diminati di Indonesia. Posisi basket masih berada di peringkat kedua, di bawah bulu tangkis yang sudah banyak menorehkan prestasi di level internasional.

Padahal, peluang basket Indonesia berprestasi di level internasional juga terbuka lebar. Seperti dua wakil Indonesia, Muhammad Suradjie dan Andreas Nico , yang bakal tampil pada Kejuaraan Dunia Freestyle Basket di Taiwan, Minggu (8/12).

Baca Juga:

Kepercayaan Diri Jadi Faktor Kunci Kemenangan CLS Knights Indonesia

Taklukkan Hongkong Eastern, CLS Knights Raih Kemenangan Perdana di ABL

Nico dan Ajie tampil membawa nama Indonesia, tetapi sulit mendapat dukungan. Keberangkatan mereka ke Taiwan bahkan harus dibiayai ketua Asosiasi Bolabasket Seni Indonesia (ABSI), Richard Leo Latunusa, melalui kocek pribadinya.

Sebelumnya, Richard sudah mendapatkan sponsor yang siap memberikan dana untuk memberangkatkan Ajiel dan Nico. Namun, sponsor tersebut kemudian memutuskan mundur dengan alasan tak percaya atlet basket Indonesia bisa berprestasi di level internasional.

"Jujur, seandainya kami dapat support dan sponsor fresh money dari banyak pihak, kami akan berangkatkan empat orang terbaik atlet freestyle basket di Indonesia. Tetapi, karena tidak ada sponsor yang memberi uang terpaksa saya yang biayai pakai uang pribadi," ujar pria yang akrab disapa Insane tersebut kepada BolaSkor.com.

"Namun, masih ada sponsor yang memberi dukungan yakni League. Mereka memberi peralatan kepada Ajiel dan Nico yang berangkat ke Taiwan," sambungnya.

Pembuktian menjadi satu-satunya alasan Insane tetap berani memberangkatkan Ajiel dan Nico ke Taiwan. Meski harus berkorban banyak, Insane tak ingin impiannya terkubur begitu saja.

"Karena tanggung jawab sebagai Ketua Asosiasi Bolabasket Seni di Indonesia dan ingin membuktikan ke banyak pihak kalau atlet freestyle basket Indonesia layak diperhitungkan dan harus diberi kesempatan," tutur legenda streetball Indonesia tersebut.

"Dan menurut saya, saat ini waktu yang tepat. Tidak masalah uang untuk belanja Natal tahun ini terpakai, demi cita-cita dan mimpi bisa bikin bangga Indonesia di dunia basket tercapai," tutur Insane.

Breaking News Indonesia Richard Insane Basket
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan