Jalin MoU dengan BNPB, PSSI Tunggu Restu Kapolri terkait Lanjutan Liga 1 dan Liga 2 2020

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 17 September 2020
Jalin MoU dengan BNPB, PSSI Tunggu Restu Kapolri terkait Lanjutan Liga 1 dan Liga 2 2020
Ketua BNPB, Doni Monardo bersama Ketum PSSI , Mochamad Iriawan. (PSSI)

BolaSkor.com - PSSI dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding - MoU) Penyelenggaraan Olahraga Yang Aman Dari COVID-19, Kamis (17/09) pagi.

MoU ini juga termasuk dalam kelanjutan Liga 1 dan Liga 2 2020. Proses penandatanganan MoU berlangsung secara virtual.

Penandatanganan MoU ini dihadiri oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, dan Ketua BNPB yang juga menjabat sebagai Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Doni Monardo.

''Negara-negara lain sudah melanjutkan kompetisi. Seperti Liga Inggris, Jerman, Spanyol dan lain-lain. Indonesia yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2021 tentu harus melanjutkan kompetisi. Hampir semua negara ASEAN juga sudah menjalankan liga. Malaysia, Thailand, Laos, Myanmar, dan Vietnam sudah menjalankan liga, dan Filipina rencananya juga akan segera memutar kompetisi mereka. Ini alasan kami untuk tetap melanjutkan Liga 1 dan Liga 2," kata Iriawan, dikutip dari laman PSSI.

"Alhamdulillah bapak Doni Monardo merekomendasikan kelanjutan Liga 1 dan Liga 2. Publik sudah menunggu dan MoU ini akan kami bawa ke Kapolri (Idham Aziz) untuk pemberian izin kepada kami,” tambahnya.

Baca Juga:

Terkait Ancaman Penundaan Piala Dunia U-20 2021, Ketua INAFOC Tunggu Keputusan FIFA

Susunan Lengkap Kepanitiaan Piala Dunia U-20 2021

Sementara itu, Doni Monardo meminta penyelenggaraan kompetisi tidak menghadirkan penonton dan dilakukan pemeriksaan kondisi kesehatan pemain dengan ketat. Doni juga meminta PSSI memastikan para peserta yang akan ikut di Liga 1 dan Liga 2 tidak memiliki riwayat penyakit bawaan, karena akan sangat riskan jika tertular Virus Corona (COVID-19).

"Perlu dipastikan kompetisi sepak bola dilakukan tanpa penonton. Mohon ini jadi perhatian penyelenggaran untuk menaati konsensus yang disepakati," ujar Doni.

Di sisi lain, Menpora Zainudin Amali menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala BNPB dan berbagai pihak, untuk komitmen dalam penyelenggaran kegiatan kompetisi sepak bola.

“Dengan pergertian dan pengalaman sangat tinggi dan arahan Pak Doni jelas. Ini harus menjadi komitmen bersama. Pemerintah sekuat tenaga menanggulangi pandemi ini sehingga tidak terjadi klaster baru dari kegiatan ini,” pesan Zainudin Amali.

Lanjutan Liga 1 2020 yang akan bergulir mulai 1 Oktober 2020 di Yogyakarta dengan mempertemukan tuan rumah PSS Sleman melawan Persebaya Surabaya. Liga 1 berpusat di Pulau Jawa dengan protokol kesehatan yang ketat. Liga 1 akan berlangsung hingga akhir Februari 2021 nanti.

Sedangkan, Lanjutan Liga 2 2020 akan bergulir mulai 17 Oktober 2020 dengan format home tournament. 24 tim peserta dibagi menjadi empat grup wilayah. Nantinya, laga perempat final hingga final dimainkan dengan single match.

Pssi Liga 1 Liga 2 Zainudin Amali Menpora Zainudin Amali Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.014

Bagikan