Jan Oblak Melawan Pendahulunya di Atletico Madrid, Thibaut Courtois

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 28 September 2019
Jan Oblak Melawan Pendahulunya di Atletico Madrid, Thibaut Courtois
Jan Oblak (Twitter)

BolaSkor.com - Derby Madrid antara Atletico Madrid kontra Real Madrid akan dihelat di Wanda Metropolitano pada pekan tujuh LaLiga, Minggu (29/9) pukul 02.00 dini hari WIB. Duel kedua tim juga melibatkan dua kiper dengan 'ikatan benang merah': Jan Oblak dan Thibaut Courtois.

Jangan berharap publik di Wanda Metropolitano akan menyambut Courtois bak legenda terbaik mereka, sebab fans tuan rumah sudah tidak menyukainya sejak Courtois memutuskan pergi dari Chelsea dan bergabung dengan Real Madrid di musim panas 2018.

Sebaliknya, dukungan penuh akan mereka berikan kepada Oblak, yang datang dari Benfica pada 2014 dan menggantikan pendahulu yang dahulu namanya dielu-elukan di Vicente Calderon (stadion lama Atletico), Thibaut Courtois.

Kala itu, Courtois pergi kembali ke Chelsea karena masa pinjamannya berakhir dan klub mencari suksesor Petr Cech. Kiper asal Belgia pergi dengan warisan besar hanya kebobolan 24 gol dari 29 laga LaLiga, semusim sebelum ia pergi, dan membantu Atletico memenangi titel LaLiga pertama sejak 1996.

Baca Juga:

Atletico Vs Real Madrid, Derby Minim Gol

5 Penjaga Gawang Terbaik di Dunia

Nasib Malang Thibaut Courtois, Susah Catatkan Clean Sheets dan Tak Bisa Ganti Nomor Punggung 1

Thibaut Courtois dan Jan Oblak di Atletico Madrid

Tidak mudah menggantikan Courtois. Tapi, Atletico punya catatan apik menemukan pengganti kiper andalan dengan baik sejak David De Gea ke Manchester United pada 2011. Kali ini pun sama. Oblak datang pada 2014 dan mengukir sejarahnya sendiri di Atletico.

Era keemasan kiper Slovenia itu dimulai di Liga Champions 2014-15 saat menggantikan Moya yang cedera. Oblak, 26 tahun, kini telah memenangi empat trofi Zamora (kiper terbaik LaLiga) beruntun. Satu trofi Zamora lagi, maka Oblak akan menyamai catatan Ramallets dan Victor Valdes.

Duelnya akan dinanti melawan Courtois. Atletico, dari enam laga LaLiga, kebobolan empat gol dan Madrid enam gol. Oblak sedianya memulai musim dengan sedikit keunikan karena ia sudah kebobolan enam gol di seluruh kompetisi.

Tidak pernah Oblak memulai musim (dari tujuh laga) dengan tingkat gol sebanyak itu: tiga gol pada 2015-16, dua gol pada 2016-17, empat gol pada 2017-18, dan lima gol pada 2018-19. Tapi, kontra Celta Vigo dan Mallorca, Oblak mencatatkan clean sheets.

Atas catatan itu, Oblak, menurut catatan di AS, jadi kiper pertama dengan catatan clean sheets terbanyak dari separuh pertandingannya (215 kali main, 121 kali clean sheets), dengan tingkat clean sheet 56,3 persen.

Sebaliknya sang pendahulu, Courtois, kebobolan 48 gol dalam 35 laga musim lalu, 1,8 gol per laganya, dan hanya 10 kali clean sheets. Musim ini tidak membaik baginya, Courtois kebobolan sembilan gol dalam enam pertandingan dan hanya sekali clean sheet.

Tidak akan mudah bagi Courtois menjaga gawangnya aman dari kebobolan melawan mantan klub, didukung fans tuan rumah, dan memiliki pemain-pemain ofensif berbahaya seperti Diego Costa dan Joao Felix.

Breaking News Derby madrid Atletico Madrid Real Madrid LaLiga Thibaut courtois Jan oblak
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan