Jangan Bingung, Mengenal 7 Aturan Baru Premier League 2019-2020

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Jumat, 24 Mei 2019
Jangan Bingung, Mengenal 7 Aturan Baru Premier League 2019-2020
Logo Premier League. (Premier League)

BolaSkor.com - Musim Premier League 2018-2019 telah berakhir dengan Manchester City keluar sebagai juara. Menyambut musim baru, operator Premier League menyiapkan sejumlah aturan anyar.

Premier League akan memberlakukan sejumlah aturan baru pada musim 2019-2020. Setidaknya, ada tujuh peraturan yang bakal diimplementasikan mulai periode tersebut.

Aturan pertama adalah masalah pergantian pemain. Apabila sebelumnya pemain yang diganti keluar lapangan pada titik tertentu, mulai musim 2019-2020 tidak lagi.

Setiap pemain yang diganti wajib keluar lapangan secepat mungkin, dari mana pun. Hal itu demi mengurangi kemungkinan tim yang sedang unggul mengulur waktu.

Kemudian, ada aturan soal pagar tendangan bebas. Mulai Premier League 2019-2020, apabila terdapat tiga atau lebih pagar, tim yang menyerang dilarang berada di sekitar pagar.

Baca Juga:

Dampak Man City Juara Piala FA: Liverpool Tampil di Community Shield, Wolves ke Liga Europa

Trofi Premier League

Hal itu guna mengurangi kekacauan di area pertahanan. Banyak kejadian yang menyebabkan kiper terganggu karena hal tersebut pada masa lalu sehingga wasit kesulitan bertugas.

Mulai musim 2019-2020 juga, aturan fair play juga mengalami perubahan. Contohnya ketika saat ini kedua pemain tiap tim sama-sama menendang bola jauh, kini hanya saling mengoper saja.

Aturan baru keempat setidaknya membuat para kiper kelimpungan. Para kiper menerima aturan baru terkait sikap saat menghadapi tendangan penalti.

Dalam aturan baru ini, kiper dilarang menyentuh garis gawang, bergerak, kaki berada di garis gawang, atau berdiri di belakang garis gawang ketika tendangan penalti dilakukan.

Baca Juga:

5 Fakta Manajer Premier League yang Belum Banyak DIketahui

Ederson Moraes

Beruntung, kini kiper bisa langsung mengoper rekan satu timnya yang berada di dalam area kotak penalti. Aturan baru ini menguntungkan untuk kiper seperti Ederson.

Kesempatan gol tangan Tuhan tercipta di Premier League rasanya hampir mustahil. Hal itu karena Premier League tidak akan mengesahkan semua gol yang berhubungan dengan tangan mulai musim 2019-2020.

Berkat teknologi VAR, akan diketahui apakah tangan terkena saat proses terjadinya gol. Baik secara sengaja maupun tidak, bola tersentuh tangan akan menyebabkan gol tidak sah.

Sedangkan aturan baru terakhir adalah penyerang akan menerima kartu kuning apabila selebrasi secara berlebihan. Anehnya, kartu kuning akan tetap berlaku meski gol tidak sah.

Demikian tujuh aturan baru Premier League 2019-2020. Semoga tidak ada kebingungan mengenai aturan baru tersebut setelah membaca penjelasan ini.

Trivia Sepak Bola Premier League Breaking News
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan