Jangan Salah, Real Madrid Masih Tetap Berbahaya dengan Solari

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 31 Oktober 2018
Jangan Salah, Real Madrid Masih Tetap Berbahaya dengan Solari
Santiago Solari (Zimbio)

BolaSkor.com - Enam kekalahan dari total 14 laga di seluruh kompetisi, kesulitan mencetak gol, pertahanan yang rapuh, plus kekalahan 1-5 dari seteru bebuyutan, FC Barcelona. Wajar saja jika Julen Lopetegui dipecat oleh Real Madrid.

Jangan salah sangka, pemecatan bukanlah satu-satunya solusi ketika tim melalui periode sulit, hanya saja begitulah faktanya di sepak bola modern ini. Banyak tuntutan untuk meraih sukses dengan cepat dan jika tak mampu melakukannya, karier pelatih taruhannya.

Pengganti pelatih Madrid itu pun tidak datang dari luar klub, melainkan internal. Santiago Solari, yang tadinya melatih Real Madrid B, dipromosikan ke tim utama sebagai pengganti Lopetegui dengan status pelatih interim (sementara).

Langkah sama diambil Madrid setelah tiga tahun lalu memecat Rafael Benitez dan menunjuk Zinedine Zidane, yang juga melatih Madrid B kala itu, sebagai pelatih tim senior Madrid. Lantas, apakah efek yang diberikan Solari nanti sama seperti Zidane? Belum tentu.

Zidane bukan sekedar sosok pelatih biasa dan kariernya di masa lalu sudah berbicara banyak mengenai reputasinya. Dengan karismanya, Madrid mampu meraih tiga titel Liga Champions beruntun dan satu LaLiga. Sementara kiprah Solari baru bisa dilihat nanti seiring berjalannya waktu.

Ernesto Valverde, pelatih Barca yang bisa dianggap 'mengakhiri' karier kepelatihan Lopetegui di Madrid, juga memiliki penilaiannya kepada Madrid di era Solari. Sama seperti sebelumnya, Valverde tetap menganggap Madrid sebagai kekuatan yang berbahaya.

"Madrid masih tetap berbahaya. Mereka kandidat untuk memenangi segalanya, seperti kami. Tidak ada musim transisi dalam klub besar. Madrid akan terus mencoba mengembalikan performa mereka, seperti halnya kami," tutur Valverde di Sport-English.

"Mereka masih ada di seluruh kompetisi dan sekarang masih terlalu awal (membicarakan) LaLiga, kami baru memainkan seperempat darinya dan musim masih panjang. Madrid akan mencoba memenangi liga, seperti kami," tegasnya.

Namun ketika ditanya media soal kabar pemecatan Lopetegui, Valverde enggan mengomentarinya secara mendetail. "Saya tidak punya hal yang harus dikatakan mengenai pernyataan klub lain, satu-satunya hal adalah apa yang saya katakan sebelumnya, saya tidak suka ketika ada pelatih yang dipecat," pungkasnya.

Breaking News Real Madrid FC Barcelona Ernesto Valverde Julen Lopetegui Santiago Solari (Argentina)
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan