Jantung Pembinaan Usia Dini, Liga 3 Nasional Harus Bergulir

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 02 Januari 2023
Jantung Pembinaan Usia Dini, Liga 3 Nasional Harus Bergulir
Karo United, juara Liga 3 Nasional musim lalu. (PSSI)

BolaSkor.com - PSSI didorong untuk secepatnya menggulirkan Liga 3 Nasional musim 2022/2023. Sebab, kompetisi itu merupakan jantung pembinaan usia dini.

Banyak pemain-pemain muda yang muncul dari kompetisi kasta ketiga di Tanah Air itu. Satu di antaranya adalah Yakob Sayuri yang sekarang jadi andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Harapan supaya Liga 3 Nasional ini bisa diputar disampaikan oleh Sekjen Badan Pembangunan Prestasi Sepak Bola Indonesia (BAPSPI), Yudo Hadiyanto.

Apalagi menurut Yudo sejumlah Asosiasi Provinsi (Asprov) juga sudah menyelesaikan kompetisi dan menghasilkan juara, seperti di Jawa Tengah, Bali, dan Nusa Tenggara Timur.

Selain itu, PSSI juga sempat menerbitkan surat bernomor 4768/UDN/3075/XII-2022 terkait putaran nasional kompetisi amatir dan usia muda.

"Jika Liga 3 zona provinsi tidak ada kelanjutan ke putaran nasioanal, ini jadi preseden buruk. Sebab, Liga 3 ini adalah kompetisi berbasis pembinaan yang juga program langsung PSSI," kata Yudo.

"Liga 3 itu bisa memberikan kontribusi dengan cara mempromosikan pemain muda ke level profesional," tambahnya.

Sekjen Badan Pembangunan Prestasi Sepak Bola Indonesia (BAPSPI), Yudo Hadiyanto.

Yudo memberikan contoh keberhasilan yang dipetik dari digulirkannya Liga 3 Nasional. Misalnya, jebolan dari kompetisi amatir itu jadi andalan klub-klub Liga 1 dan Liga 2.

"Dua klub elite Liga 1, Persebaya dan PSM Makassar bisa jadi contoh nyata dari pembinaan Liga 3," ujar Yudo.

"Mereka memaksimalkan pemain alumni Liga 3 dan kualitasnya terbukti mumpuni karena bisa bersaing menembus tim utama," tambahnya.

Liga 3 Pssi Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.299

Bagikan