Jarang Cetak Gol, Alvaro Morata Tetap Penting untuk Lini Depan Juventus

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 12 Maret 2022
Jarang Cetak Gol, Alvaro Morata Tetap Penting untuk Lini Depan Juventus
Alvaro Morata (Twitter)

BolaSkor.com - Periode kedua Massimiliano Allegri sebagai pelatih Juventus diwarnai sejumlah hasil serta performa yang tidak konsisten. Konsistensi itu baru terlihat di paruh dua musim usai bursa transfer musim dingin (Januari 2022).

Datangnya Dusan Vlahovic dan Denis Zakaria memberikan warna baru dalam permainan Bianconeri. Juventus bermain efisien dalam mencetak gol dan meraih hasil - tipikal dalam metode kepelatihan Allegri.

Tapi sorotan tetap terarah kepada sosok Alvaro Morata. Penyerang berusia 29 tahun disorot karena kesulitannya mencetak gol. Morata menjalani periode kedua di Juventus dengan status pinjaman dua tahun dari Atletico Madrid sejak September 2020 dengan opsi beli permanen 40 juta euro.

Morata baru mencetak enam gol liga dari 27 penampilan musim ini, tapi kontribusi ofensif Morata vital untuk Juventus, terlepas dari kelemahannya dalam menyelesaikan peluang menjadi gol: Morata mencetak hanya 17 gol dari 20 gol yang diharapkan sejak kedatangannya pada 2020.

Baca Juga:

Juventus Intip Peluang Daratkan Antonio Rudiger

Dybala atau Pogba, Juventus Harus Pilih Salah Satu

Tawaran Inter untuk Dybala Lebih Menggiurkan ketimbang Juventus

Catatan itu sudah menjadi pertanyaan mengingat memang tugas penyerang untuk mencetak gol, tetapi di Juventus kontribusi striker timnas Spanyol itu penting di lini serang. Dia pemain kreatif yang menjadi paling produktif di lini serang ketika melihat jumlah gol yang diharapkan serta assists yang diharapkan.

Itu terjadi, menurut Football-Italia, karena konsistensi Morata terlibat dalam permainan rekan setim dalam membangun serangan. Morata memberikan 11 assists di Serie A selama satu setengah musim di Turin, sama produktifnya dengan Paulo Dybala.

Dia juga jadi yang pertama menciptakan peluang-peluang besar serta operan kunci di antara penyerang di Serie A, ini jadi pertanda konsistensi permainan timnya.

Morata mungkin tak selalu mencetak gol setiap pekannya, tetapi ia pemain penting bagi lini serang Juventus. Allegri tahu betul itu dan mempertahankannya dari kejaran Barcelona pada Januari lalu.

“Saya selalu merasakan kepercayaan dirinya, sejak kami mulai bekerja bersama. Dia (Allegri) adalah orang pertama yang menanyakan banyak hal kepada saya, tetapi dia tahu siapa saya," terang Morata.

"Dia mengatakan kepada saya bahwa saya harus bertahan dan dia mempercayai saya. Sekarang saya harus memberikan segalanya untuk mengembalikan kepercayaannya," pungkas dia.

Serie a Juventus Alvaro Morata
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan