BolaSkor.com - Ryan Giggs merupakan salah satu pesepak bola yang mampu bermain hingga memasuki usia 40 tahun. Olahraga yoga menjadi rahasianya memiliki karier yang panjang.

Giggs tampil membela Manchester United selama 24 musim sejak tahun 1990 hingga 2014. Ia total bermain sebanyak 927 laga dan mempersembahkan hampir semua gelar bergengsi untuk Setan Merah.

Giggs menyebut yoga membantu tubuhnya tetap prima. Berkat olaharaga ini, ia merasa bisa bermain sepuluh musim lebih lama dari yang seharusnya.

Pria yang kini menangani Timnas Wales itu mengaku pertama kali melakukan yoga pada tahun 2001. Saat itu Giggs tengah menepi dari lapangan hijau karena mengalami cedera.

Baca Juga:

Kolaborasi Gary Neville dan Ryan Giggs Lawan Virus Corona

Ryan Giggs Beri Saran agar Ole Gunnar Solskjaer Sukses di Manchester United

Sir Alex Ferguson Puji Kinerja Ryan Giggs di Timnas Wales

“Saya menggiring bola dalam latihan dan berhenti karena cedera hamstring yang sudah sering terjadi. Saya berpikir hal ini tidak boleh terjadi terus menerus, jadi saya mencoba semuanya," kata Giggs dikutip dari Financial Times.

"Saya mengganti mobil saya dengan jenis matik, mengubah tempat tidur dengan panjang yang lebih baik dan memulai yoga."

Giggs dikenal sebagai pemain sayap lincah ketika muda. Namun Sir Alex Ferguson menggeser posisinya agak ke tengah ketika memasuki fase akhir karier sang pemain.

"Yoga awalnya berfungsi untuk pencegahan cedera tetapi kemudian untuk pemulihan. Sehari setelah pertandingan adrenalin masih ada di tubuh saya, tetapi semua akan terasa sakit di hari berikutnya. Jadi saya melakukan yoga dan itu membuat saya lebih sadar akan tubuh ini," sambungnya.

Ryan Giggs

Kini banyak pesepak bola lain yang mengikuti jejak Giggs melakukan olahraga yoga. Nama-nama tenar seperti Cristiano Ronaldo, David Silva, hingga Gareth Bale masuk dalam daftar tersebut.

Ronaldo yang kini sudah berusia 35 tahun menilai yoga sangat bermanfaat bagi tubuhnya. Olahraga ini bisa membuatnya mengatasi ketegangan fisik, peningkatan fokus, fleksibilitas, pengaturan pernapasan, dan mengontrol stres.