Jasper Cillessen, Kiper Pelapis Barcelona dengan Statistik Melebihi Ter Stegen

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 23 Mei 2019
Jasper Cillessen, Kiper Pelapis Barcelona dengan Statistik Melebihi Ter Stegen
Jasper Cillessen (Twitter)

BolaSkor.com - Pertandingan final Copa del Rey 2018-19 antara Barcelona melawan Valencia di Benito Villamarin, Minggu (26/5) pukul 02.00 dini hari WIB, bisa jadi pertandingan terakhir bagi kiper berusia 30 tahun, Jasper Cillessen.

Menurut berita yang dilansir dari Marca, Cillessen sudah sepakat bergabung dengan Benfica dan pihak Benfica serta Barcelona tinggal menemukan kesepakatan pada harga transfernya.

Barca menginginkan 25 juta euro untuk Cillessen dan Benfica membanderolnya pada kisaran harga 15 juta euro. Hanya tinggal masalah waktu sebelum kedua klub menemukan kata sepakat. Apalagi, Cillessen memang sudah ingin pergi dari Barcelona.

Tiga tahun bermain dengan Barcelona pasca pindah dari Ajax Amsterdam, Cillessen hanya tampil lima kali di La Liga dan kalah bersaing dengan Claudio Bravo (kini di Manchester City) serta Marc-Andre ter Stegen.

Baca Juga:

Cari Alternatif Pengganti Jasper Cillessen, Barca Bidik Simon Mignolet

Sejarah Tercipta, Lima Liga Top Eropa Dimenangi Juara Bertahan

Barcelona Lupakan Hasil Kontra Eibar dan Tatap Final Copa del Rey

Marc-Andre ter Stegen dan Jasper Cillessen

Situasi Cillessen itu unik karena ia kiper utama timnas Belanda yang telah mengemas 48 caps. Jadi, pertandingan melawan Valencia nanti bisa jadi yang terakhir untuk fans menyaksikan penampilan kiper kelahiran Nijmegen, 22 April 1989.

Status Cillessen memang kiper kedua di Barcelona. Kendati demikian pada abad ini, merunut dari catatan statistik di Marca, Cillessen merupakan kiper kedua terbaik yang pernah dimiliki oleh Blaugrana. Catatannya lebih baik dari Ter Stegen.

Catatan yang dimaksud itu adalah jumlah kebobolan gol per menitnya. Cillessen ada di urutan dua terbaik dan hebatnya lagi, Cillessen memenangi dua Copa de Rey terakhir Barcelona - sapu bersih titel Copa del Rey.

Cillessen punya rata-rata tingkat kebobolan gol per laganya sebanyak 0,74, sementara Ter Stegen, yang selalu jadi starter beberapa musim terakhir, kebobolan 0,9 gol per laganya. Hanya Bravo (0,58) dan Victor Valdes (0,82) yang punya statistik lebih baik dari Cillessen.

Kendati demikian, dengan memainkan laga jauh lebih sedikit dari Ter Stegen dan konsistensi kiper Jerman dalam bermain, Cillessen menemui kesulitan besar merebut posisi nomor satu kiper Barca. Wajar jika ia ingin pindah ke klub lain.

Breaking News Jasper Cillessen Barcelona Bursa transfer Copa del Rey Valencia Marc-Andre ter Stegen
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan