Javier Tebas Berharap VAR Kurangi Kontroversi di La Liga

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Senin, 02 Juli 2018
Javier Tebas Berharap VAR Kurangi Kontroversi di La Liga
Javier Tebas. (Zimbio)

BolaSkor - Presiden La Liga, Javier Tebas, berharap kehadiran VAR dapat mengurangi kontroversi. Menurut Tebas, timnya tengah mematangkan persiapan penggunaan teknologi tersebut.

LaLiga telah mengumumkan bakal menggunakan VAR pada 2018-2019 sejak akhir 2017. Mereka akan mengikuti jejak Eredivisie, Serie A, dan Piala Dunia 2018.

Sejatinya, teknologi tersebut telah diterapkan oleh FIFA pada ajang resmi sejak Piala Konfederasi 2017. Namun, tidak semua kompetisi langsung mau mengadaptasinya.

LaLiga ingin melihat terlebih dulu perkembangan VAR sebelum menerapkannya. Namun, Tebas mengungkapkan penerapan VAR di Piala Dunia 2018 membuatnya semakin yakin.

"Kami telah bekerja keras untuk menerapkan VAR. Menurut saya, pada Piala Dunia 2018 terlihat VAR membawa banyak hal positif," ujar Tebas, dilansir dari Soccerway.

"Menurut saya, VAR akan mengurangi banyak kontroversi di atas lapangan. Akan ada emosi berbeda dan kualitas sepak bola yang lebih baik," lanjutnya.

Sejatinya, VAR telah dikembangkan sejak awal dekade 2010-an. Saat itu, Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) membantu pengembangan VAR hingga diuji coba di MLS pada 2016.

VAR La liga Javier Tebas
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan