Timnas Indonesia

Jay Idzes Bicara Persaingan di Timnas Indonesia, Akui Diskusi dengan Dua Pemain

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 28 Desember 2023
Jay Idzes Bicara Persaingan di Timnas Indonesia, Akui Diskusi dengan Dua Pemain
Jay Idzes memegang bendera Merah-Putih usai menjalani sumpah setia pewarganegaraan Indonesia di Kanwil Kemenkumham DKI, Kamis (28/12). (PSSI)

BolaSkor.com - Pemain belakang Venezia, Jay Idzes, bakal memanaskan persaingan di barisan pertahanan Timnas Indonesia. Jay tinggal selangkah lagi mencatatkan debutnya untuk Tim Merah-Putih.

Kamis (28/12) menjadi hari yang bersejarah bagi Jay Idzes. Ia resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah mengucap sumpah setia pewarganegaraan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta.

Jay Idzes tinggal menjalani proses perpindahan federasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia). Itu jadi syarat Jay bisa bermain untuk Timnas Indonesia di ajang internasional.

Bergabungnya Jay Idzes ke Timnas Indonesia tentu membuat persaingan di lini belakang menjadi lebih kompetitif. Ia akan bersaing dengan beberapa pemain keturunan, mulai dari Jordi Amat, Elkan Baggott, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, sampai talenta lokal seperti Rizky Ridho.

Baca Juga:

PSSI Jadwalkan Nathan Tjoe-A-On Diambil Sumpah sebagai WNI pada Januari 2024

Resmi WNI, Jay Idzes Tak Sabar Debut bersama Timnas Indonesia

Jay Idzes pun menanggapi santai potensi persaingan itu. Ia menyerahkan sepenuhnya kepada Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia untuk memilih komposisi ideal di sektor belakang Skuad Garuda.

"Mulai sekarang saya telah tersedia untuk (dipanggil) pelatih dan itu jadi keputusannya tentang apa yang dia ingin lakukan dan saya hanya tersedia dan terbuka untuk segalanya," kata Jay Idzes.

Sayangnya, Jay Idzes belum bisa debut dalam waktu dekat, termasuk di Piala Asia 2023 Qatar yang berlangsung mulai 12 Januari sampai 10 Februari 2024. Kendati belum dapat bergabung, Jay mengaku sempat berkomunikasi dengan beberapa pemain, dua di antaranya adalah Shayne Pattynama dan Marc Klok.

"Ya tentu saja saya sudah berkomunikasi dengan beberapa pemain, dengan Shayne pattynama, dengan Marc Klok, bicara banyak dan juga dengan pemain lain yang akan (berkomunikasi). Mudah-mudahan saya dapat bergabung di lain waktu, meski saya belum tahu persisnya. Jadi ya, kami banyak berbicara," ucap pemain berusia 23 tahun tersebut.

Timnas Indonesia Jay Idzes Naturalisasi Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.399

Bagikan