Jelang Der Klassiker, Bayern Sandang Status Underdog Melawan Dortmund

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 08 November 2018
Jelang Der Klassiker, Bayern Sandang Status Underdog Melawan Dortmund
Der Klassiker musim lalu (Zimbio)

BolaSkor.com – Laga penuh gengsi, intrik, dan diprediksi berjalan seru akan terjadi akhir pekan ini di spieltag 11 Bundesliga. Borussia Dortmund akan menjamu Bayern Munchen di Signal Iduna Park (11/11) pukul 00.30 dini hari WIB dalam laga bertajuk Der Klassiker. Kedua tim saat ini terpaut empat poin.

Dortmund ada di puncak klasemen dengan perolehan 24 poin dan Bayern di urutan tiga dengan raihan 20 poin. Performa kedua tim juga bertolak belakang sejauh ini. Dortmund konsisten bermain dan belum pernah kalah di Bundesliga di bawah asuhan Lucien Favre, sementara Bayern masih angin-anginan di bawah arahan Niko Kovac.

Untuk kali pertama setelah bertahun-tahun lamanya, Bayern datang ke Klassiker sebagai underdog (non-unggulan). Uli Hoeness, Presiden Bayern, melihat hal yang sama berlaku untuk Joshua Kimmich dkk.

“Anda tidak bisa pergi ke Dortmund dan berkata bahwa Anda ingin mengamankan tiga poin. Dortmund menjalani musim yang sangat baik sejauh ini, tidak diragukan lagi. Kami tidak pergi ke Dortmund sebagai favorit, tapi sebagai underdog – untuk kali pertama dalam waktu yang panjang,” ucap Hoeness, diberitakan Goal.

Hoeness hanya berusaha berpikir logis dan realistis. Faktanya, Bayern memang tidak konsisten musim ini dan nasib Kovac sempat dipertanyakan, menyusul hasil-hasil minor yang diraih sebelumnya.

Menurunnya performa Bayern sedianya bagus untuk persaingan Bundesliga secara menyeluruh. Papan atas dan perebutan titel Bundesliga semakin terbuka. Dortmund, Borussia Monchengladbach, Bayern, RB Leipzig, Eintracht Frankfurt, Werder Bremen, saling bergantian berada di papan atas Bundesliga.

Fakta ketatnya persaingan papan atas Bundesliga dan menurunnya performa Bayern, sempat dijadikan media sebagai kesempatan mengkritisi Bayern. Di kala itu terjadi, Hoeness sempat menunjukkan kekesalannya kepada media karena terlalu menyudutkan Bayern.

Padahal, jika dilihat dari kacamata pecinta sepak bola Jerman, persaingan di musim 2018-19 ini jadi yang paling seru karena lima musim sebelumnya hanya didominasi Bayern.

“Jangan selalu berpikir negatif. Musim baru dimulai, kami punya tim di masa transisi, pelatih muda yang masih beradaptasi di sini dan Anda harus bersabar,” tegas Hoeness.

“Empat pekan lalu Anda semua mengeluh Bundesliga kembali berjalan membosankan (ketika Bayern terus meraih kemenangan) dan sekarang, tidak lagi membosankan dan menarik, tapi Anda juga tidak pas dengannya. Di beberapa poin, Anda semestinya setuju dengan apa yang Anda inginkan sesungguhnya. Kami sedang mengikuti keinginan beberapa orang sekarang,” pungkasnya.

Bundesliga Jerman Der klassiker Borussia Dortmund FC Bayern Bayern Muenchen Uli Hoeness
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.170

Bagikan