BolaSkor.com - Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, mengutarakan masih belum bisa memastikan apakah Lionel Messi akan masuk dalam daftar pemain untuk pertandingan melawan Borussia Dortmund pada matchday 1 Grup F Liga Champions 2019-2020, di Signal Iduna Park, Rabu (18/9) dini hari WIB.

Lionel Messi belum juga tampil membela Barcelona sejak awal musim. Megabintang asal Argentina itu masih dalam proses pemulihan setelah mengalami cedera lutut.

Keberadaan Messi tentu sangat dibutuhkan Barcelona. Sebab, tidak bisa dimungkiri jika pemain 32 tahun itu adalah otak di balik serangan Barcelona.

Baca juga:

Ansu Fati, Pemecah Rekor LaLiga di Abad ke-21

Barcelona Diminta Bersabar kepada Ansu Fati

Lionel Messi

Tidak heran, ketika menghadapi Borussia Dortmund, Lionel Messi diharapkan sudah bisa bermain - meskipun tidak dari menit pertama. Kehadiran Messi diyakini bisa menyuntikan semangat pada pemain lain.

Namun, Valverde masih belum berani memastikan apakah Messi akan ikut rombongan ke Jerman. Sang pemain telah melakoni satu sesi latihan bersama penggawa Barcelona lainnya.

"Kami akan memutuskan besok sebelum pertandingan. Beberapa hari yang lalu kami sangat tidak yakin. Namun, pada sesi latihan terakhir dia baik-baik saja dan tak lagi merasakan sakit," ungkap Valverde seperti dikabarkan Marca.

Absennya Lionel Messi membuat Barcelona tidak bisa maksimal. Dari empat laga LaLiga, Blaugrana meraih dua kemenangan, satu imbang, dan satu kekalahan.

"Penting untuk tampil tanpa merasakan rasa sakit. Lionel Messi menunjukkan perkembangan yang pesat, namun kami akan melihat besok," tegas Valverde.

Selain masalah cedera, Lionel Messi dikabarkan berpeluang hengkang dari Barcelona pada akhir musim ini. Sebab, dalam kontrak La Pulga, terdapat klausul yang memperbolehkannya angkat kaki secara cuma-cuma.

Saat ini, Barcelona masih terus berupaya meyakinkan Lionel Messi untuk bertahan. Bahkan, Los Cules bersedia memberikan kontrak seumur hidup pada sang pemain.