BolaSkor.com - Persis Solo mendapat keuntungan dari kembalinya Zanadin Fariz. Gelandang asal Bekasi menatap lanjutan Liga 1 2022/2023 dengan bekal baru dari Spanyol dan Turki.

Zanadin cukup lama meninggalkan latihan Persis Solo. Pemain berusia 19 tahun ini dipanggil untuk pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 di Spanyol dan Turki.

Selama berada di dua negara Eropa itu, Zanadin bersama Timnas U-20 mendapat banyak kesempatan emas. Zanadin merasakan bersua Turki U-20, Perancis U-20 hingga Slovakia U-20.

Kesempatan bertanding dengan lawan-lawan tangguh membuat kekuatan Zanadin meningkat. Sebagai pemain muda, jelas bekal ini sangat penting ketika bersua pemain-pemain senior.

"Pastinya ada banyak hal yang saya dapat selama di Spanyol dan Turki. Saya bisa mendapatkan pengalaman, karena ini pertama kali saya ikut ke luar negeri. Saya juga dapat jam terbang dan mental bermain," ucap Zanadin.

Meski berkembang bersama Timnas U-20, bukan berarti Zanadin dominan di Persis Solo. Pasalnya, Andri Ibo dkk. juga rutin berlatih dan bertanding selama Liga 1 terhenti.

Bahkan, Persis Solo sempat sepuluh hari berada di Malaysia. Laskar Sambernyawa uji coba melawan Johor Darul Takzim dan Tanjong Pagar FC Singapura. Maka, Zanadin juga harus menyesuaikan diri lagi dengan level tim senior.

"Ya saya menyesuaikan sedikit ketika latihan dengan tim senior. Saya ikuti programnya, cara bermain, karena mungkin ada perbedaan antara Timnas dan klub," tutur Zanadin.

Zanadin siap jika dipercaya tampil lagi pada lanjutan Liga 1. Kabar beredar Persis Solo akan menghadapi Rans Nusantara FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Selasa (6/12) malam.

"Untuk persiapan menuju Liga, para pemain pastinya akan mengikuti arahan dari tim pelatih," jelas Zanadin.

Di sektor tengah, Zanadin akan bersaing dengan deretan nama berkualitas, seperti Sutanto Tan dan Kanu Helmiawan. Sejauh ini, Zanadin sudah tampil enam kali, termasuk saat Persis Solo menang atas Madura United 1-0. (Laporan kontributor Putra Wijaya)