BolaSkor.com - MotoGP Emilia Romagna masih menyisakan tiga hari lagi. Namun, Michelin selaku penyedia ban sudah mempersiapkan bannya jauh-jauh hari.

Keputusan ini dilakukan guna menghindari kejadian-kejadian tidak terduga yang kerap terjadi di awal paruh kedua musim 2021. Saat itu banyak pembalap yang gagal meraih keberhasilan akibat permasalahan ban. Bahkan mereka sempat menganggap Michelin kurang persiapan.

Untuk mengantisipasinya, Michelin telah mempersiapkan ban dengan beragam kompon. Untuk ban slick di bagian depan, Michelin akan membekalinya dengan kompon lunak, medium, dan keras. Semuanya ban itu akan simetris.

Sementara untuk ban slick belakang, ketiga kompon itu akan dibentuk asimetris dengan bagian kanan yang lebih keras. Hal ini dilakukan untuk menghindari beban berlebih karena Sirkuit Misano memiliki tikungan kanan yang lebih banyak.

Baca Juga:

Memori Masa Sulit Joan Mir

Nyanyian Skeptis dari Doohan untuk Marquez

Tidak hanya ban slick saja, Michelin juga sudah mempersiapkan ban basah dalam balapan nanti. Persiapan tersebut dilakukan sebagai antisipasi turunnya cuaca ekstrem, mengingat saat ini sudah memasuki musim gugur.

“Minggu lalu kita sangat puas dengan performa ban. Kita berhasil memecahkan rekor, lap terbaik, lap tercepat, dan waktu balapan dengan finish sangat cepat dengan berbagai kompon ban. Bagnaia memilih ban lunak dan Quartararomedium,' jelas boss Michelin, Piero Taramasso dikutip dari tuttomotoriweb.it.

Terkait hal ini, Piero optimistis ban yang disediakan dapat berbicara banyak saat terjadinya cuaca ektrim. Para pembalap tidak perlu khawatir lagi dengan permasalahan yang sempat terjadi pada balapan sebelumnya.

“Saga yakin bahwa ban slick dan basah kami akan memberikan pembalap kesempatan berjuang hingga mencapai limit untuk memberikan balapan menakjubkan kepada fansdalam kondisi cuaca apapun,” tutup Piero.

Penulis: Bintang Rahmat