Jelang North West Derby, Jurgen Klopp Bela Strategi Parkir Bus Jose Mourinho

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 10 Maret 2018
Jelang North West Derby, Jurgen Klopp Bela Strategi Parkir Bus Jose Mourinho
Jurgen Klopp akui Liverpool bisa saja terapkan strategi parkir bus (Getty Images)

BolaSkor.com - North West Derby ke-200 antara Liverpool kontra Manchester United akan tersaji di pekan 30 Premier League. Pertandingan akan berlangsung di Old Trafford pada malam ini (10/3) pukul 19.30 WIB. Kedua tim saat ini hanya terpaut dua poin di urutan dua dan tiga klasemen.

Man United menempati urutan kedua, sementara Liverpool tepat di bawahnya. Melihat situasi kedua tim, ada prediksi muncul mengenai gaya bermain Man United, yang mungkin akan menerapkan pendekatan super defensif alias parkir bus ala Jose Mourinho, demi dapat mengamankan satu poin (kalau bisa kemenangan) dan menjaga posisi mereka di urutan dua klasemen.

Kemenangan jelas menjadi target Man United. Namun, Mourinho boleh jadi realistis melihat daya serang Liverpool yang belakangan tengah dalam momentum bagus. Ia takkan menginstruksikan timnya untuk bermain terbuka, hingga pertahanan mereka rawan diekspos ketajaman Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino.

Sedangkan bagi Liverpool, kemenangan sudah menjadi hal yang wajib demi dapat menyalip posisi Man United. Liverpool sudah jelas akan bermain ofensif seperti biasanya dengan intensitas tinggi. Menanggapi kecenderungan strategi parkir bus Mourinho, Jurgen Klopp, tidak terlalu mempermasalahkannya. Bahkan, cenderung membela taktiknya.

"Saya tahu apa yang dikatakan orang-orang - mereka memainkan gaya sepak bola tertentu, kami juga, dan sekarang semuanya membesarkannya. Tapi semua ini tentang kemenangan. Ada banyak cara untuk menang dalam sepak bola, tapi kami punya sejarah berbeda dalam beberapa tahun terakhir. Dalam beberapa tahun terakhir juga, Manchester United lebih sukses ketimbang kami. Itulah faktanya, kami menghargainya, tapi ini tidak menganggu momen untuk berkata jujur," tutur Klopp di Guardian, Sabtu (10/3).

Klopp tidak memungkiri, jika memang diperlukan, Liverpool akan menerapkan strategi super defensif seperti Mourinho, apabila mereka dalam posisi unggul di laga nanti. Apalagi, Klopp juga sadar takkan mudah bermain menyerang secara terus menerus, melawan tim dengan pertahanan terbaik kedua di Premier League dan diserang melalui serangan balik.

"Jika kami harus bertahan, maka kami harus bertahan dengan segala yang kami miliki, bukan berjudi dan berpikir kami akan terus menyerang. Melawan Manchester United, tidak ada yang terus-terusan menyerang. Mereka sangat kuat secara fisik dan juga teknik. Pertarungan nanti bukan tentang sistem atau filosofi, hanya dua tim sepak bola yang sangat bagus, yang saling berhadapan satu sama lain," tambah Klopp.

"Ketika United menyerang, saya harap seluruh pemain saya terlibat ketika bertahan. Jika seseorang berkata itu parkir bus, maka kami akan memarkir bus. Saya tidak masalah dengannya. Selama 95 menit, tentu saja kami ingin memainkan gaya sepak bola kami. Saya pikir laga nanti akan besar seperti laga derby pada umumnya. Semoga saja, dengan hasil positif di akhir laga," harapnya.

Pada pertemuan pertama kedua tim di Anfield, pertandingan berakhir tanpa gol. Saat ini, Liverpool lega telah dipastikan lolos ke perempat final Liga Champions dengan menyingkirkan Porto melalui agregat gol 5-0. Sedangkan Man United, masih harus melawan Sevilla di leg kedua 16 besar tengah pekan depan.

Liverpool Manchester United Jurgen Klopp Jose Mourinho Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.127

Bagikan