BolaSkor.com - Mantan kapten timnas Jerman, Lothar Matthaus, memberikan saran untuk Timnas Indonesia U-20 menjelang Piala Dunia U-20 2021. Matthaus menyarankan tim tuan rumah untuk melupakan tekanan penonton.

FIFA mengumumkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 pada 24 Oktober silam. Indonesia mengalahkan Peru dalam persaingan menjadi tuan rumah.

Padahal, sebelumnya Peru merupakan kandidat kuat penyelenggara Piala Dunia U-20 2021. Pada akhirnya, mereka mendapatkan jatah menyelenggarakan Piala Dunia U-17.

Kali pertama tampil sebagai tuan rumah Piala Dunia, tentunya tekanan untuk Timnas Indonesia U-20 akan kencang. Maklum, publik tanah air haus akan prestasi di kancah internasional.

Baca Juga:

Bundesliga Experience Hadir di Jakarta Bersama Lothar Matthaus

Rekomendasikan Pelatih Lokal Tangani Timnas di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20, Fakhri Sampaikan Alasan

Menanggapi hal tersebut, Lothar Matthaus memberikan saran untuk Skuat Garuda Muda. Menurut pria yang memenangi Piala Dunia 1990 itu, pemain hanya harus fokus untuk menampilkan performa terbaik.

"Pemain muda adalah masa depan, tetapi saat saya masih muda, saya baru bermain ketika berumur 18 tahun. Sekarang, pemain muda harus bekerja keras saat latihan agar mendapat tempat," kenang Lothar Matthaus.

"Di Jerman, pemain mendapat tekanan ketika memperkuat tim utama klub. Saya rasa, di Indonesia pun demikian. Menurut saya, tekanan yang sama ada untuk pemain muda di kompetisi kelompok umur."

"Saya selalu berkata kepada diri sendiri, untuk memberikan kemampuan terbaik. Saya tidak merasakan tekanan karena sangat mencintai sepak bola."

"Saya hanya memikirkan tentang pertandingan atau tekanan fans. Anda harus memikirkan rekan satu tim dan membantu mereka. Pelatih hanya harus membangun tim," tambahnya.

Timnas Indonesia U-20 yang bakal tampil di Piala Dunia U-20 2021 diproyeksi dari Timnas Indonesia U-19 saat ini. Namun, belum diketahui apakah Fachri Husaini akan tetap menjadi pelatih.