BolaSkor.com - Manajer tim nasional basket Indonesia, Fareza Tamrella, menyebut bakal ada pemain naturalisasi baru yang dipakai pada SEA Games 2019 di Filipina. Daftar nama sudah masuk dan mulai proses seleksi.

Aturan pada SEA Games 2019 yang membolehkan lebih dari satu pemain naturalisasi bermain bakal dimanfaatkan Indonesia. Setidaknya, akan ada dua pemain yang dinaturalisasi.

"Wacananya memang akan ada dua pemain naturalisasi. Namun, bagaimana prosesnya, ini yang akan kami coba kerja sama dengan kementrian terkait. Jadi, ketika SEA Games, mereka sudah bisa bermain," ujar Fareza.

Baca Juga:

Joel Embiid Ketahuan Mainkan Ponsel di Bangku Cadangan Philadelphia Sixers

Play-off NBA: Raptors Takluk, Warriors Atasi Clippers

"Sejauh ini baru ada daftar nama, belum ada kepastian. Kami mencoba menghubungi lewat agen dan yang paling penting adalah mereka mau tidak dinaturalisasi," sambungnya.

Pemain naturalisasi baru ini diharapkan bisa menjadi proyek jangka panjang. Selain SEA Games 2019, Indonesia juga akan tampil pada kualifikasi FIBA Asia 2021.

"Jadi setelah SEA Games 2019 nanti juga kami akan adakan evaluasi. Kalau memang pemain yang didatangkan tidak sesuai ekspektasi, terpaksa kami cari yang baru lagi," tutur Fareza.

Sejauh ini, Indonesia sudah menaturalisasi empat pemain yakni Jamarr Johnson, Ebrahim Enguio Lopez, Anthony Hargrove, dan Anthony Wayne Cates. Namun, hanya Jamarr dan Ebrahim Enguio Lopez yang pernah membela tim nasional.