BolaSkor.com - Langkah timnas Jepang menuju babak 16 besar Piala Dunia 2022 sedikit tersendat. Ini setelah Jepang dikalahkan Kosta Rika dengan skor 0-1 pada matchday 2 Grup E yang berlangsung di Ahmed bin Ali Stadium, Qatar, Minggu (27/11) sore WIB.

Jepang datang ke laga ini dengan kepercayaan diri tinggi. Itu setelah mereka mengalahkan Jerman pada matchday 1 pada 23 November 2022.

Pelatih Jepang, Hajime Moriyasu, melakukan lima perubahan di susunan starternya. Hiroki Sakai, Ao Tanaka, Takefusa Kubo, Junya Ito dan Daizen Maeda kali ini disimpan di bench.

Sementara Kosta Rika yang di laga sebelumnya dibantai Spanyol 0-7 tidak melakukan banyak perubahan. Luis Suarez hanya mengubah formasi timnya dari 4-4-2 menjadi 5-4-1 dengan menyisakan Anthony Contreras sebagai ujung tombak.

Di babak pertama, tidak terlalu banyak peluang yang didapat kedua tim. Bahkan baik Jepang maupun Kosta Rika gagal mencatatkan satu pun shot on target.

Pertarungan kedua tim lebih banyak terjadi di lini tengah. Skor 0-0 pun menutup babak pertama.

Baca Juga:

Piala Dunia 2022: Karier Melejit di Timnas Prancis, Olivier Giroud Dinilai Hanya Beruntung

Piala Dunia 2022: Respons Kroasia setelah Dapat Psywar Berlebihan dari Pelatih Kanada

Memasuki babak kedua, Jepang yang mengejar kemenangan di laga ini memainkan Takuma Asano, pemain yang jadi pahlawan kemenangan tim Samurai Biru ketika menghadapi Jerman.

Jepang pun bermain lebih menekan di babak kedua. Sejumlah peluang emas berhasil didapatkan di antaranya lewat sepakan Hidemasa Morita dari luar kotak penalti yang masih bisa ditepis Keylor Navas.

Jepang kembali mendapatkan peluang. Kali ini dari tendangan Yuki Soma yang sayangna masih belum tepat sasaran.

Petaka bagi Jepang yang menguasai jalannya babak kedua datang pada menit ke-81. Kosta Rika berhasil memecah kebuntuan lewat aksi Keysher Fuller.

Fuller yang lolos dari perangkap offside melepas tendangan plesing ke sudut kanan atas gawang Jepang yang dikawal Shuichi Gonda. Kiper berusia 33 tahun itu sebetulnya sempat menyentuh bola dengan tangannya tapi bola itu terlalu keras sehingga tetap masuk ke dalam gawangnya.

Skor 0-1 untuk Kosta Rika pun bertahan sampai laga usai. Dengan hasil ini maka persaingan di Grup E akan semakin menarik. Apalagi jika Jerman berhasil mengalahkan Spanyol pada Senin (28/11) dinihari nanti.

Susunan Pemain:

Jepang: Shuichi Gonda; Miki Yamane (Kaoru Mitoma,62'), Ko Itakura, Maya Yoshida (C), Yuto Nagatomo (Hiroki Ito,46'); Wataru Endo, Hidemasa Morita; Ritsu Doan (Junya Ito,67'), Daichi Kamada, Yuki Soma (Takumi Minamino,82'); Ayase Ueda (Takuma Asano,46')

Pelatih: Hajime Moriyasu

Kosta Rika: Keylor Navas (C); Keysher Fuller, Oscar Duarte, Kendall Waston, Francisco Calvo, Bryan Oviedo; Gerson Torres (Brandon Aguilera,65'), Celso Borges, Yeltsin Tejeda, Joel Campbell (Daniel Chacon,90+5'); Anthony Contreras (Jewison Bennette,65')

Pelatih: Luis Suarez