Piala Asia 2023

Jepang Bantai Thailand 5-0, Shin Tae-yong Respons dengan Santai

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 02 Januari 2024
Jepang Bantai Thailand 5-0, Shin Tae-yong Respons dengan Santai
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sedang memberikan instruksi kepada para pemainnya. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, merespons santai kemenangan telak Jepang 5-0 atas Thailand dalam laga uji coba di National Stadium, Tokyo, Senin (1/1). Jepang akan menjadi lawan Timnas Indonesia di Grup D Piala Asia 2023.

Bagi Shin Tae-yong, kemenangan Jepang dengan skor mencolok atas Thailand sangat wajar. Sebab, Jepang adalah tim terbaik Asia saat ini.

Jika melihat ranking terbaru FIFA pada Desember 2023, Jepang berada di posisi 17 dunia dan nomor satu di Asia. Tim asuhan Hajime Moriyasu itu pun sangat superior sepanjang tahun 2023.

Dari 11 laga, termasuk dua pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026, Jepang meraih sembilan kemenangan, sekali imbang dan hanya satu kali menelan kekalahan. Bahkan, pada 10 September 2023, Tim Samurai Biru sukses mencukur empat kali juara Piala Dunia, Jerman, dengan skor 4-1.

"Memang Jepang adalah tim nomor satu di Asia," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga:

Jelang Lawan Libya, Shayne Pattynama Tinggalkan TC Timnas Indonesia di Turki

Rival Watch: Jepang Cukur Thailand Lima Gol Tanpa Balas Jelang Piala Asia

Shin Tae-yong berharap para pemain Timnas Indonesia bisa mengambil pelajaran dari laga Jepang kontra Thailand. Dengan sisa waktu yang dimiliki, Shin Tae-yong akan terus berupaya membuat Timnas Indonesia lebih kuat melalui pemusatan latihan di Turki yang memasuki pekan kedua.

Pelatih asal Korea Selatan itu pun mengingatkan anak asuhnya untuk tidak inferior dengan Jepang. Shin Tae-yong meminta Asnawi Mangkualam Bahar dkk. mengingat momen pertemuan dengan juara Piala Dunia 2022, Argentina, dalam FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 19 Juni 2023.

"Sebagai tim yang akan melawan Jepang, kita bisa banyak belajar (dari laga Jepang vs Thailand), tapi ya seperti waktu kita lawan Argentina, jangan gelisah dan takut. Anggap saja (lawan Jepang nanti) seperti main di kandang sendiri dan ini akan jadi pengalaman yang baik bagi Timnas Indonesia," tutur Shin Tae-yong.

Berdasarkan jadwal, Timnas Indonesia akan bertemu Jepang pada laga pamungkas Grup D, Rabu (24/1). Sebelum itu, Skuad Garuda bakal terlebih dulu menjajal kekuatan Irak (15/1) dan Vietnam (19/1).

Timnas Indonesia Timnas Jepang Shin Tae-yong Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.441

Bagikan