Jeremy Doku, Remaja 18 Tahun Calon Suksesor Sadio Mane di Liverpool

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 19 Juli 2020
Jeremy Doku, Remaja 18 Tahun Calon Suksesor Sadio Mane di Liverpool
Jeremy Doku (Twitter)

BolaSkor.com - Liverpool mulai bersiap dengan kemungkinan terburuk kehilangan Sadio Mane yang diburu Real Madrid. Sebagai gantinya, The Reds membidik remaja berusia 18 tahun asal klub Anderlecht, Jeremy Doku.

Mane memang mengaku bahagia bermain untuk Liverpool. Namun saat Madrid membidik seorang pemain, mereka jarang gagal.

Hal inilah yang nampak diantisipasi kubu Liverpool. Mereka menyadari cepat atau lambat bisa kehilangan salah satu pemain andalannya tersebut.

Baca Juga:

Pep Guardiola Enggan Halangi Kepindahan Thiago Alcantara ke Liverpool

Thiago Alcantara Kian Dekat ke Liverpool

Hari Pertama Mohamed Salah di Livepool: Takut Bersinggungan dengan Sadio Mane

Jeremy Doku sendiri bukan nama baru dalam daftar incaran Liverpool. Pemain blasteran Belgia-Ghana itu sudah dipantau Jurgen Klopp sejak dua tahun silam.

Kebetulan saat itu sang pemain sempat mengunjungi pusat pelatihan Liverpool. Pada momen tersebut, Klopp menyatakan Boku sebagai calon suksesor Mane.

"Klopp menjelaskan bagaimana dia melihat calon pengganti Sadio Mane dalam diri Jeremy," kata ayah Doku, David, kepada Het Nieuwsblad.

Insting Klopp dalam menilai pemain tak perlu diragukan. ia terkenal mampu mengeluarkan potensi pemain antah berantah hingga menjadi bintang.

Secara karakter permainan, Doku memang sangat mirip dengan Mane. Ia kerap mengandalkan kecepatannya untuk menyisir sisi sayap.

"Saya jarang melihat seorang pemain yang memiliki daya ledak dalam jarak dekat, dapat berakselerasi begitu cepat dan mengubah arah sambil juga mempertahankan kontrol sempurna atas tubuhnya dan bola," mantan manajer Anderlecht, Hein Vanhaezebrouck terkait performa Doku.

Pandangan Klopp terkait Boku bukan sekadar basa-basi belaka. Apalagi Liverpool ternyata saat itu berniat langsung mengontraknya meski sang pemain baru berusia 16 tahun.

Namun tawaran itu pada akhirnya ditolak Doku. Ia merasa masih terlalu muda untuk berkarier di luar negeri sehingga memilih bertahan di Anderlecht.

Meski ditolak, Liverpool terus memantau perkembangan Doku hingga saat ini. Terbukti performa sang pemain mengalami peningkatan yang signifikan.

Doku dipercaya melakoni debut di tim senior Anderlecht pada November 2018 ketika usianya masih 16 tahun. Ia diberi kesempatan tampil selama 12 menit saat menghadapi Sint-Truiden di Liga Belgia.

Sepanjang musim 2018-2019, total Boku tampil sebanyak enam kali. Namun menit bermainnya masih relatif minim.

Kedatangan Vincent Kompany sebagai pelatih baru Anderlecht pada musim panas 2019 turut membantu perkembangan karier Doku. Kesempatan bermainnya semakin bertambah usai tampil bagus selama pramusim.

Doku selalu dimainkan sebagai starter dalam tiga laga perdana Anderlecht di Liga Belgia. Sayang hasil yang tak maksimal yaitu dua kali imbang dan sekali kalah membuatnya kehilangan tempat di skuat inti.

Setelah itu Doku mulai jarang mendapat kesempatan. Ia bahkan sempat dikembalikan ke tim cadangan Anderlecht untuk menambah jam terbang.

Titik balik karier Doku terjadi saat Anderlecht berhadapan dengan KV Oostende pada awal Desember 2019. Tampil sebagai pemain pengganti, ia mampu mencetak satu gol dan satu assist meskipun timnya tetap kalah.

Namun sejak saat itu, Ia selalu menjadi salah satu pilihan utama Anderlecht di lini depan. Meski lebih sering bermain di sisi kanan, Doku juga tak canggung saat diminta bermain di sisi kiri.

Sepanjang musim 2019-2020, Doku tampil sebanyak 24 kali dan membukukan delapan gol dan tiga assist. Torehan tersebut harusnya bisa lebih baik andai Liga Belgia tak dihentikan secara prematur karena pandemi virus corona.

Di level timnas, Doku sudah tampil empat kali bersama Belgia U-21. Ia diprediksi akan segera mendapat panggilan untuk memperkuat tim senior.

Liverpool nampaknya harus bergerak cepat menyelesaikan transfer Doku. Klub-klub besar Eropa lain seperti Real Madrid, Manchester United, AC Milan dan Newcastle United juga memantau sang pemain.

Namun Merseyside Merah diyakini tetap berada di garis terdepan dalam perburuan untuk mendapatkan Doku. Ketertarikan dan komunikasi yang sudah terjalin sejak dua tahun lalu tentu membuat mereka selangkah lebih maju dari klub peminat lainnya.

Sosok Jeremy doku Liverpool Sadio Mane Anderlecht Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan