BolaSkor.com - Diwarnai perpisahan kepada pelatih yang sudah melatih timnas Jerman selama 15 tahun, Joachim Low, Die Mannschaft - julukan Jerman - pesta sembilan gol dalam lanjutan laga grup Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.

Menjamu Liechtenstein di Volkswagen Arena, Jumat (12/11) dini hari WIB, Jerman pesta sembilan gol tanpa balas dengan keunggulan individu pemain dan kualitas tim secara menyeluruh.

Sembilan gol Jerman datang dari dari Ilkay Gundogan (11' penalti), bunuh diri Daniel Kaufmann (20'), dua gol Leroy Sane (22', 49'), Marco Reus (23'), Thomas Muller (76', 86'), Ridle Baku (80'), dan bunuh diri Maximilian Goppel (89').

Jerman yang sudah dipastikan lolos ke Piala Dunia 2022 bermain profesional dengan kemenangan itu. Tim arahan Hans-Dieter Flick alias Hansi Flick saat ini duduk di urutan pertama grup J dengan raihan 24 poin dari sembilan laga: mencetak 32 gol dan kebobolan tiga gol.

Baca Juga:

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022: Jerman Lolos ke Qatar, Belanda Pesta Gol

Jerman Menang Telak, Hansi Flick Kurang Puas

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022: Jerman Cetak 9 Gol, Portugal Gagal Menang

Jerman 9-0 Liechtenstein

Selepas kemenangan itu Hansi Flick menorehkan rekor fantastis. Semenjak meninggalkan Bayern Munchen dan menangani Jerman, menggantikan Low, Flick yang pernah jadi asisten pelatih Jerman era Jurgen Klinsmann terus menjaga performa Jerman.

Flick - menurut Squawka - jadi manajer Jerman pertama yang memenangi enam laga pertamanya. Catatan dari enam laga itu adalah 27 gol, kebobolan satu gol, dan mencatatkan clean sheets sebanyak lima kali. Jumlah gol itu juga melebihi catatan pelatih lainnya di Jerman.

"Saya senang kami (Jerman) bisa memberikan Jogi Low sembilan gol di laga perpisahannya. Fans di sini di Wolfsburg menciptakan atmosfer yang sangat hebat," ucap Hansi Flick.

Peleburan skuad Jerman juga dilakukan Flick secara perlahan dengan pemain-pemain muda serta senior. Menurut Opta Franz. rata-rata usia starting XI Jerman kontra Liechtenstein adalah 29 tahun 11 hari (tertua sejak imbang 1-1 kontra Rumania di laga pertama Piala Eropa 2000 - 30 tahun 86 hari).

Kontra Liechtenstein, pemain-pemain senior yang bermain adalah Manuel Neuer, Antonio Rudiger, Ilkay Gundogan, Leon Goretzka, Marco Reus, dan Thomas Muller. Selain catatan itu, berikut rekor lainnya dari pertandingan tersebut:

1. Leroy Sane telah mencetak enam gol dari tujuh laga terakhirnya untuk klub dan negara.
2. Muller menyalip Jurgen Klinsmann di posisi enam pada catata penampilan terbanyak dengan Jerman (109 caps).
3. Lukas Nmecha jadi pemain ke-18 Wolfsburg yang mencatatkan caps dengan Jerman. Kali pertama juga di laga itu tiga pemain Wolfsburg bermain untuk Jerman.
4. Jerman selalu mencetak gol dari 29 laga Kualifikasi Piala Dunia.
5. Rekor Jerman kontra Liechtenstein di Kualifikasi Piala Dunia adalah: empat kemenangan dari empat laga, menorehkan 21 gol tanpa kebobolan gol.