Jersey Forum, 12 Tahun Eksis dan Konsisten Dorong Masyarakat Beli Jersey Orisinal

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 17 Agustus 2020
Jersey Forum, 12 Tahun Eksis dan Konsisten Dorong Masyarakat Beli Jersey Orisinal
Jersey Forum (Instagram/jerseyforum)

BolaSkor.com - Sepak bola di era modern seperti sekarang tak lagi terfokus kepada hal-hal berbau teknis terkait pertandingan dan aktor lapangan hijau saja. Banyak sisi lain yang membuat olahraga si kulit bundar ini kian menarik untuk dibahas.

Salah satu daya tarik lain dari sepak bola adalah jersey. Makna seragam tanding kini lebih dari sekadar regulasi yang harus dipatuhi sebuah tim untuk bertanding.

Aturan penggunaan jersey dalam sepak bola pertama kali diterapkan pada tahun 1891 yang dipopulerkan sepak bola Inggris (FA). Setiap pemain dari tim yang sama harus menggunakan pakaian yang seragam agar mudah dibedakan dengan tim lawan.

Baca Juga:

Baksos, Ngobrol Sepatu, Hingga Main Basket Bareng Komunitas Basket Sanggar Seni

Mencari Keringat bersama Komunitas Street Mini 4 Wheel Drive

Cara Bersepeda Aman bersama Komunitas saat Pandemi

Seiring berjalannya waktu, fungsi jersey mengalami pergeseran. Seragam tanding saat ini berevolusi menjadi salah satu simbol identitas klub.

Tak heran jika jersey kini seperti barang yang wajib dimiliki fans. Hal ini sebagai salah satu cara mengekspresikan rasa cinta kepada suatu klub yang didukung.

Tren ini juga telah melanda Indonesia sejak awal era 2000-an. Salah satu pionirnya adalah Jersey Forum (JF).

Jersey Forum bisa dibilang menjadi komunitas pecinta seragam tanding klub-klub sepak bola yang paling awal muncul di Indonesia. Perkumpulan ini lahir pada 1 Mei 2008 yang diawali dari sebuah Thread Kolektor Baju Bola (TKKB) di Kaskus.

Salah satu momen diskusi Jersey Forum. (Instagram/jerseyforum)

Uniknya, Jersey Forum bukan sebuah komunitas resmi dengan struktur organisasi yang lengkap. Tidak ada orang yang menjabat sebagai ketua atau anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang mengikat.

Jersey Forum hadir murni untuk menjadi wadah berkumpulnya para pecinta dan kolektor jersey. Tidak ada kepentingan lainnya.

"Sebenarnya kalo Jersey Forum dibilang komunitas nggak tepat juga karena kita bukan organisasi jadi nggak ada strukturnya. kita lebih bertujuan untuk mengumpulkan orang-orang dengan minat yang sama," kata admin sekaligus generasi pertama Jersey Forum, Angga Wirastomo kepada BolaSkor.com.

"Kita nggak pernah mengklaim untuk harus ada ketua dan semacamnya karena kita tidak pernah melibatkan duit di sini. Alasannya hal seperti itu bisa berpotensi membuat berantakan seperti rebutan kekuasaan dan lainnya."

Sebuah perkumpulan tanpa struktur organisasi yang resmi tentu sangat sulit untuk bertahan dalam waktu lama. Namun hal itu tak terjadi pada Jersey Forum.

Setelah 12 tahun, Jersey Forum masih hidup. Bedanya kini mereka berganti tempat diskusi dari website ke media sosial Twitter dan Instagram.

Jersey Forum saat ini memiliki lebih dari 26 ribu pengikut di Twitter. Sementara di Instagram, jumlah pengikutnya hampir menembus angka 16 ribu.

Jersey Forum (Dok. Gerry Putra)

Para pengikut di media sosial itulah yang dianggap sebagai member Jersey Forum. Jadi semuanya berhak mengutarakan pendapat atau bertanya dan berbagi informasi.

"Diskusi kita buat di Twitter yang sifatnya dua arah, jadi dilempar ke forum dan didiskusikan bersama-sama," tambahnya.

Tema diskusi Jersey Forum bermacam-macam. Paling sering tentu membahas desain dan teknologi terbaru dari jersey klub-klub baik lokal maupun luar negeri.

Sejumlah tips dan trik terkait jersey juga menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Banyak ilmu yang bisa didapat dari diskusi ini.

Selain itu Jersey Forum juga membuka kesempatan para pedagang jersey untuk menjajakan jualannya khusus di hari Sabtu melalui Twitter. Syaratnya, semua jersey yang dijual merupakan barang orisinal.

Hal lain yang patut diacungi jempol dari Jersey Forum adalah konsistensi mereka dalam mengedukasi masyarakat Indonesia untuk membeli jersey orisinal. Hal ini seperti sudah menjadi salah satu misi utama mereka sejak didirikan.

"Mungkin ada beberapa orang sebel ke JF karena kita selain membahas soal koleksi juga edukasi terkait jersey orisinal. PR-nya kan negeri ini bajakannya banyak dan itu masalahnya ke hak cipta karena ada legal hukumnya," kata Angga lagi.

"Ini juga soal memberikan penghargaan kepada orang yang bikin. Apalagi jersey lokal itu levelnya masih UKM (Usaha Kecil dan Menengah)."

Angga menilai jumlah kolektor atau penggemar jersey di Indonesia meningkat setiap tahunnya. Tak cuma seragam klub luar negeri yang diproduksi perusahaan olahraga ternama, barang dari apparel lokal juga kian diminati masyarakat.

Fun Football Jersey Forum FC. (Instagram/jerseyforumfc)

Selain diskusi tentang jersey, beberapa kegiatan lain juga rutin digelar Jersey Forum. Beberapa contohnya seperti Fun Football, Gathering, dan Kopdar meski semua itu harus ditangguhkan sejak pandemi virus corona melanda Indonesia.

Terkait pandemi, Jersey Forum juga tak tinggal diam. Mereka membuat sebuah acara penggalangan dana dengan melelang jersey.

Sekitar 20 jersey orisinal dari sejumlah klub ikut dilelang melalui akun Instagram @jerseyforum. Total keuntungan yang didapat akan disumbangkan melalui ACT (Aksi Cepat Tanggap) yang berkompeten di bidang ini.

Jersey Komunitas Agustus New Order Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan