Jika Ada Nyanyian Rasis, Pertandingan Liga 1 2019 akan Dihentikan

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Selasa, 14 Mei 2019
Jika Ada Nyanyian Rasis, Pertandingan Liga 1 2019 akan Dihentikan
Dirk Soplanit (BolaSkor.com/ Istimewa)

BolaSkor.com – Direktur Interim PT Liga Indonesia Baru (LIB), Dirk Soplanit, memastikan pertandingan Liga 1 2019 bisa saja dihentikan secara paksa oleh wasit apabila dalam sebuah laga suporter menyanyikan lagu rasis kepada tim lawan.

Hukuman itu dibuat oleh PT LIB agar para suporter di Indonesia bisa saling menghargai. Dirk Soplanit sangat berharap Liga 1 2019 bisa menjadi penyemangat baru bagi insan pecinta sepak bola Indonesia untuk mengarah ke lebih baik.

Nantinya para wasit yang bertugas dalam sebuah peratndingan harus menghentikan laga apabila terdengar nyanyian lagu rasis di dalam stadion. Keputusan menghentikan pertandingan apabila ada lagu bernada rasis merupakan lanjutan dari Liga 1 2018.

Baca Juga:

BOPI Bertemu dengan PT LIB, Munculkan 5 Kesepakatan soal Liga 1

Wasit untuk Liga 1 2019 Dapat Perhatian, Ini Kata Di

Saat itu, pasca-meninggalnya anggota The Jak Mania, Haringga Sirla, oleh oknum pendukung Persib Bandung, PT LIB dan PSSI mengambil keputusan pertandingan akan berhenti bila ada lagu rasis selama pertandingan.

Peraturan tersebut terus dilanjutkan oleh PT LIB dan PSSI sampai akhir musim 2018. Oleh sebab itu, pada Liga 1 2019, peraturan ini akan kembali dilakukan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan

"Ya itu dilanjutkan. Saya kira kami harus kerja sama juga dengan pihak kepolisian supaya pengalaman musim lalu tidak terjadi lagi di tahun ini, itu harus dicegah," kata Dirk Soplanit di SCTV Tower, Senayan, Senin (13/5).

Pertandingan sepak bola terutama di Indonesia menurut Dirk Soplanit adalah sebagai ajang silahturahmi. Ia tidak ingin adanya pendukung yang meninggal akibat perkelahian antarsuporter kedua tim yang berlaga.

"Kami akan terus mengupayakan agar kompetisi ini lebih baik, setidaknya potensi kerusuhan diminimalisir. Jadi hal-jal seperti ini harus bisa kami terus lakukan dalam liga 2019," kata Dirk Soplanit.

Liga 1 2019 akan mulai bergulir pada 15 Mei sampai 22 Desember 2019. Laga pembuka Liga 1 2019 akan dimainkan oleh PSS Sleman melawan Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu (15/5), pukul 20.30 WIB.

PT LIB Dirk Soplanit Liga 1
Posts

4.871

Bagikan