Jika Gugur di Liga Champions Asia, Persija Bisa Mainkan Empat Pemain Barunya di Piala AFC

Muhammad AdiyaksaMuhammad Adiyaksa - Jumat, 25 Januari 2019
Jika Gugur di Liga Champions Asia, Persija Bisa Mainkan Empat Pemain Barunya di Piala AFC
Persija Jakarta. (Media Persija).

BolaSkor.com - Persija Jakarta harus melewati tiga tahapan, yakni babak preliminary pertama dan kedua, serta play-off, untuk lolos ke penyisihan grup Liga Champions Asia (LCA). Setiap babak hanya akan berlangsung dalam satu kali pertemuan. Apabila kalah, tim berjuluk Macan Kemayoran itu bakal terlempar ke Piala AFC.

Regulasi Piala AFC mengharuskan setiap peserta mendaftarkan antara 18-30 pemain. Pendaftaran pemain untuk Piala AFC paling lama didaftarkan sebulan sebelum laga pertama.

Partai perdana Persija di Grup G akan tersaji pada 26 Februari 2019 melawan Becamex Binh Duong. Itu berarti, pada 26 Januari nanti akan jadi deadline pendaftaran pemain Macan Kemayoran.

Persija juga telah dapat mendaftarkan empat pemain barunya, Vinicius Lopez, Jakhongir Abdumuminov, Bruno Matos, dan Ryuji Utomo. Dalam regulasi Piala AFC, setiap peserta dapat menyertakan International Transfer Certificate (ITC) maksimal tujuh hari sebelum pertandingan pertama.

Baca Juga:

Diperiksa Selama 11 Jam, Joko Driyono Bocorkan 45 Pertanyaan Satgas Anti Mafia Bola

Ganti Nomor Punggung, Striker Arema FC Ingin Lebih Beruntung Musim Depan

Itu berarti, pada rentang 15-20 Februari 2019, saat TMS Liga Indonesia telah dibuka, Persija dapat melampirkan ITC keempat pemainnya itu ke AFC. Regulasi ini tertuang pada Pasal 28 terkait Status Pemain, poin 28.11.3. yang isinya: "(untuk Jendela Pendaftaran 2) salinan ITC atau bukti untuk menunjukkan bahwa ITC telah dikeluarkan sesuai dengan Peraturan FIFA tentang Status dan Transfer Pemain disampaikan melalui sistem online AFCAS selambat-lambatnya tujuh (7) hari sebelumnya untuk Pertandingan pertama mereka di Babak Grup; atau."

Jendela pendaftaran kedua dimulai ketika babak penyisihan grup dimulai. Untuk tahap pertama, berlaku bagi peserta yang melewati babak preliminary dan play-Off Piala AFC.

Dengan begitu, Persija akan berkekuatan penuh di pentas Asia dengan dapat memainkan empat pilar asingnya. Hanya saja, pihak Macan Kemayoran belum mengetahui regulasi yang akan menguntungkan tim ibu kota ini.

"Kami sedang berkomunikasi dengan PSSI. Harusnya PSSI yang memfasilitasi Persija dan PSM (Makassar, wakil Indonesia di AFC Cup, Red) untuk bisa lolos (ITC). Karena kami wakil Indonesia. Apa gunanya federasi kalau tidak bisa memfasilitasi urusan internasional,” ujar Chief Operating Officer (COO) Persija, Muhammad Rafil Perdana.

Piala AFC Breaking News Persija jakarta Liga Champions Asia
Posts

1.188

Bagikan