BolaSkor.com - Panggung Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 akan digelar tahun depan. Namun bagi warga Jakarta dan pecinta bola basket Indonesia sudah lebih dulu berjumpa dengan JIP, maskot FIBA World Cup 2023 yang diperkenalkan kepada publik di Gedung Sarinah, Jakarta, Sabtu, 30 Juli.

Nama JIP, kependekan dari tiga negara penyelenggaran kejuaraan dunia empat tahunan itu, yakni Jepang, Indonesia dan Philippina dipilih melalui pooling terbanyak yang diikuti lebih dari 100 ribu pecinta bola basket di seluruh dunia. Maskot dalam wujud robot itu dinilai bisa menyebarkan semangat FIBA World Cup 2023 yang akan menyatukan, sekaligus mewakili seluruh warga dunia.

FIBA Central Board Member, Erick Thohir otimistis perhelatan olahraga dunia di tanah air tak hanya menguatkan legasi akan kemampuan Indonesia menggelar pentas olahraga berskala besar. Ajang Piala Dunia Bola Basket FIBA yang berlangsung tahun depan diyakini akan memberi manfaat luas bagi masyarakat Indonesia dan membangun ekonomi baru.

Baca Juga:

Penggemar Basket Indonesia Nyalakan Api Arakji

Maskot FIBA World Cup 2023 Akhirnya Punya Nama

"Tahun depan, FIBA World Cup 2023 digelar untuk pertama kalinya di Indonesia Arena, indoor multifunction stadium berkapasitas 16 ribu orang dan punya fasilitas berstandar internasional. Jadi tak hanya untuk ajang olahraga, tapi juga kegiatan lain, seperti pentas musik, industri kreatif dan UMKM, sehingga punya manfaat lebih luas bagi pertumbuhan dan pemulihan ekonomi, serta pembukaan lapangan pekerjaan baru," ujar Erick Thohir.

Hal itu dinyatakan Erick Thohir saat menghadiri launching JIP, maskot Kejuaraan Bola Basket Piala Dunia FIBA 2023 di Gedung Sarinah, Jakarta, Sabtu (30/7). Dalam acara yang dihadiri Menteri PUPR, Basoeki Hadimoeljono, Direktur Eksekutif FIBA Basketball World Cup 2023, David Crocker, Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih, dan Wakil Ketua Panpel FIBA World Cup 2023, Agus Mauro, maskot berkarakter robot itu untuk kali pertama diperkenalkan kepada publik.
Di Jakarta, JIP menyapa anak-anak dan seluruh warga di Gedung Sarinah, Sabtu (30/7), pukul 3 hingga 5 sore. Ragam aktifitas digelar, antara lain jumpa atlet basket, gim dan permainan menarik, hingga tanding basket melawan robot JIP.

"Nama JIP cocok dengan seluruh desain dan karakter robot yang menyatukan tiga tuan rumah. Dengan launching JIP, kami harap seluruh pecinta basket siap menyambut turnamen terbesar di dunia itu tahun depan, dan ini juga kesempatan besar bagi penggemar basket di Jakarta, Okinawa, dan Manila berinteraksi dan bergembira bersama maskot robot kami," jelas David Crooker, Direktur Eksekutif FIBA Basketball World Cup 2023.

"Kami senang JIP dipilih menjadi maskot Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023. Maskot robot itu mewakili semua hal yang ingin digaungkan dari Piala Dunia Bola BAsket tahun depan, termasuk pula kolaborasi kuat antar tiga negara tuan rumah. Kami berharap, robot JIP makin menarik minat anak-anak dan remaja untuk menyebarkan passion akan bola basket ke generasi berikutnya," ujar Cahyadi Wandi, Ketua Joint Management Committee Indonesia.

Di Manila, Filipina, launcing JIP akan dilakukan pada Minggu 31 Juli di Mall of Asia Atrium, Manila. Sementara di Jepang, robot JIP akan tampil di berbagai program TV selama seminggu serta diagendakan hadir pada acara "One Year to Go" FIBA Basketball World Cup 2023 bulan Agustus mendatang.