JIS Tak Masuk, PT LIB Klaim Hanya 8 Stadion Layak Pakai

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 06 November 2022
JIS Tak Masuk, PT LIB Klaim Hanya 8 Stadion Layak Pakai
Jakarta International Stadium. Foto: MP/Andika Pratama

BolaSkor.com - Komisaris Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Juni A Rachman, menyebut hanya ada delapan stadion yang layak pakai di Indonesia.

Dari delapan stadion yang dimaksud Juni, enam di antaranya merupakan venue Piala Dunia U-20 2023.

Enam stadion tersebut di antaranya Gelora Sriwijaya/Jakabaring (Palembang), Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

"Yang layak sekarang 8 stadion. Ada 8 stadion yang layak di Indonesia," kata Juni A Rachman di Hotel Sultan, Jakarta.

"Enam stadion untuk Piala Dunia (U-20 2023) oke. Dua lainnya adalah Stadion Batakan (Balikpapan) dan Stadion Jatidiri (Semarang). Jadi 8 venue yang layak di Indonesia," sambungnya.

Baca Juga:

PT LIB Sampaikan 3 Opsi Tanggal Lanjutan Liga 1 Musim Ini

PSSI Minta PT LIB Gelar RUPS Luar Biasa, Bagaimana Progresnya?

Menariknya, tidak ada beberapa stadion populer yang disebutkan oleh Juni dalam daftar di atas. Stadion yang dimaksud antara lain Jakarta Internasional Stadium (JIS), Stadion Patriot Candrabahga (Bekasi), Stadion Wibawa Mukti (Cikarang), dan Stadion Pakansari (Bogor).

Padahal JIS diklaim sebagai salah satu stadion dengan standar FIFA di Indonesia, kemudian Stadion Patriot, Stadion Wibawa Mukti, dan Stadion Pakansari pernah menyelenggarakan berbagai event internasional, termasuk Asian Games 2018 dan Piala AFF.

Stadion Patriot Candrabahaga juga jadi kandang alternatif Persija sejak 2017 sampai sekarang. Sedangkan Stadion Wibawa Mukti jadi markas Bhayangkara FC pada musim ini, lalu Stadion Pakansari digunakan oleh Persikabo 1973 dan RANS Nusantara.

Terkait hal ini, Juni menyebut kalau proses audit oleh Satuan Tugas Transformasi Sepak Bola Indonesia masih terus berlangsung.

"Masalah audit lagi dilaksanakan oleh gugus tugas," pungkasnya.

Pssi PT Liga Indonesia Baru PT LIB Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.299

Bagikan