BolaSkor.com - Kegagalan total timnas Jerman di Piala Dunia 2018 tampak telah membuka mata DFB (Federasi Sepak Bola Jerman) dan staf kepelatihan tim. Pada akhirnya, Joachim Low memutuskan untuk memensiunkan tiga nama senior: Mats Hummels, Jerome Boateng, dan Thomas Muller.

Menurut Low, ketiga pemain Bayern Munchen tersebut dipensiunkan untuk membuka jalan bagi pemain-pemain muda lainnya masuk ke dalam skuat timnas Jerman.

"Ini tahun untuk awalan baru bagi kami. Penting bagi saya bahwa saya bisa memberitahukan secara personal kepada pemain serta petinggi di Bayern mengenai pemikiran dan rencana saya," ucap Low, sebagaimana dilansir dari Sport-English.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih (kepada Boateng, Hummels, dan Muller) untuk banyak kesuksesan dan tahun-tahun yang sangat hebat bersama," lanjut pelatih berusia 59 tahun tersebut.

Baca Juga:

Timnas Jerman Ganti Sponsor setelah Hampir Setengah Abad

Leroy Sane dan Ironi Timnas Jerman

Kualifikasi Piala Eropa 2020: Jerman Segrup dengan Belanda

Joachim Low

Die Mannschaft - julukan Jerman - gagal total di Piala Dunia 2018. Jerman tersingkir di fase grup dan mengakhirinya di posisi buncit di bawah grup yang berisikan Meksiko, Swedia, dan Korea Selatan (Korsel).

Keputusan Low itu terbilang mengejutkan, sebab ketiga pemain tersebut sedianya masih bisa diandalkan untuk turnamen terdekat, Piala Eropa 2020. Boateng dan Hummels baru berusia 30 tahun, sementara Muller 29 tahun.

Boateng pun terkejut dengan pernyataan yang diberikan Low dan melepaskan unek-uneknya melalui Instagram. Dia kecewa, tapi menerima keputusan sang pelatih.

Berikut luapan kekecewaan mantan bek Manchester City di Instagram pribadinya:

Instagram Jerome Boateng

"Pelatih Jerman, Joachim Low, memberitahu saya hari ini dalam sesi wawancara langsung bahwa saya tidak akan menjadi bagian Timnas Jerman, dan dia ingin memberikan kepada pemain-pemain muda kesempatan di masa depan. Khususnya dalam turnamen yang akan datang, kala tim ingin memperlihatkan muka baru."

"Saya sedih mendengarkan kabar ini karena selalu jadi hal terhebat bagi saya mewakili negeri saya. Kendati demikian, saya respek kepada jalan baru dan memahami keputusan pelatih timnas."

"Saya pernah muda dan berharap pemain-pemain yang lebih tua untuk memberikan ruangnya kepada saya. Secara personal, saya yakin bahwa saya bisa terus bermain di level tertinggi dan akan meneruskannya di masa depan."

"Saya akan selalu melihat kembali dengan kepuasan besar dari masa-masa yang saya habiskan dengan timnas. Saya selalu sangat bangga mengenakan jersey timnas dan khususnya, saya tidak akan pernah melupakan musim panas 2014 (Jerman juara Piala Dunia)."

"Tentu saja, saya akan selalu mendoakan perpisahan lainnya bagi kami. Selamat berjuang untuk tim di masa depan!"

Hummels, Boateng, dan Muller, tiga pemain tersisa dari skuat Jerman yang menjuarai Piala Dunia 2014. Hummels telah mengemas 70 caps dan lima gol, Boateng 76 caps dan satu gol, sedangkan Muller 100 penampilan dan 38 gol untuk timnas Jerman.

Kini, hanya ada Manuel Neuer, Matthias Ginter, Toni Kroos, dan Sami Khedira yang tersisa dari skuat Jerman di tahun 2014.